5 Orang Termasuk Bupati Labuhanbatu Terjaring OTT KPK

Bupati Labuhanbatu Panganol Harahap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Daerah. Dan kali ini adalah Bupati Labuhanbatu terjaring OTT KPK. Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui persan singkatnya membenarkan adanya OTT yang dilakukan KPK di Labuhanbatu dan Jakarta tersebut.

Kendati belum mengungkapkan secara rinci terkait kasus apa sehingga Bupati Labuhanbatu Panganol Harahap ditangkap, Febri memastikan bahwa dalam OTT tersebut sedikitnya Lima orang telah diamankan.

“Iya benar, ada kegiatan di Labuhan Batu dan Jakarta. Sekitar lima orang diamankan. Ada Bupati (yang diamankan),” ujar Febri, Selasa (17/7/2018) malam.

Diketahui, Pangonal ditangkap KPK di Bandara Soekarno-Hatta bersama ajudannya. Selain itu, ada 3 orang lainnya yang disebut sebagai pihak swasta yang ditangkap di Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Febri juga menginformasikan bahwa selain mengamankan 5 orang, ada bukti transaksi dengan nilai ratusan juta yang turut diamankan. KPK menduga, uang tersebut terkait suap atau fee proyek di Dinas PUPR Labuhanbatu.

“Ratusan juta bukti transaksi yang kami amankan, kami duga tadi ada semacam proses pengambilan atau penarikan uang dan kemudian terjadi transaksi di Bandara tadi. Kami duga uang tersebut terkait dengan proyek Dinas PUPR setempat,” kata Febri.

Para pihak yang diamankan itu kini tengah menjalani pemeriksaan awal. Bupati Labuhanbatu sudah berada di gedung KPK sementara pihak swasta yang ditangkap di Labuhanbatu saat ini masih dalam perjalanan ke Medan untuk selanjutnya akan diterbangkan ke Jakarta pada Rabu (18/7/2018). KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Diketahui, Pangonal Harahap menjadi Bupati Labuhanbatu sejak 2016 setelah pada Pilkada 2015 ia dan pasanganya Andi Suhaimi yang diusung PDIP,PKS,PKB dan PBB tersebut mengalahkan mengalahkan empat pasangan calon bupati masing masing HZA Dalimunte-Wira Abdi, Mahini Rizal-Waluy, Suhari-Ihsan dan Paslon Tigor-Erik, dengan dukungan suara rakyat sebanyak 60.176.

Saat ini Pangonal Harahap juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Perjuangan Labuanbatu.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR