Ada Ziarah Ke TMP dalam Perayaan Proklamasi Kemerdekaan di Timor Leste

Kemeriahan hari kemerdekaan RI juga dilaksanakan oleh Kedutaan Besar RI di Timor Leste, negara merdeka yang sebelumnya menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Kemeriahan juga terpancar dalam perayaan ini. Selain upacara bendera yang menjadi acara remi, juga diadakan kegiatan-kegiatan lainnya, antara lain pertandingan/lomba seperti tenis meja, gaple, catur, karaoke dan lainnya. Untuk upacara bendera, selain diikuti oleh staf KBRI juga diikuti oleh BUMN, BUMS, Advisers Indonesia di Timor-Leste (TL), rohaniawan, rohaniawati, DWP KBRI Dili, dan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Dili. Sedangkan pembina upacara adalah KUAI KBRI Dili Hubertus Djatmiko Witjaksono.

Sebelum pelaksanaan upacara bendera, pada tanggal 16 Agustus 2016, KBRI Dili juga telah melakukan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Dili. Kegiatan ziarah dan tabur bunga diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh KUAI KBRI Dili, untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah gugur. Kegiatan ziarah dan tabur bunga di TMP seroja adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh KBRI di Dili.

IMG-20160820-WA0008

Dalam pesan kerdekaannya, pihak KBRI akan terus berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerjasama dalam segala hal, bukan saja antara Pemerintah RI dengan Pemerintah Timor Leste, juga peningkatan hubungan antar masyarakat di kedua negara. Meningkatan hubungan kerjasama dan persahabatan kedua negara di masa depan, menjadi penting karena Indonesia dan Timor Leste bertetangga dan bersaudara.

Kegiatan lomba semakin semarak karena BUMN dan Swasta ikut berpartisipasi dan menspori lomba tersebut. Untuk lomba karaoke, tenis meja dan catur, acara dan hadiahnya disponsori oleh BUMN (Mandiri, Telkomsel dan Pertamina). Sedangkan lomba gaple disponsori oleh Sriwijaya. Lomba itu sendiri diikuti oleh masyarakat Indonesia di Timor-Leste yang tergabung dalam kelompok etnis, antara lain: komunitas masyarakat Maluku, komunitas Flobamora, komunitas masyarakat Manado, komunitas masyarakat Batak.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR