Anggaran Pengamanan Pilkada Nunukan 2020 Disepakati Rp. 5,6 Miliar

Keterangan foto: Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid didampingi Sekeretaris Daerah Nunukan Serfianus dan disaksikan Komisioner KPU, Rahman dan Komisioner Bawaslu Nunulan M Yusran, melakukan MoU dengan Kapolres Nunukan AKBP Teguh T terkait anggaran pengamanan Pilkada Nunukan 2020

Pilkada serentak yang diagendakan dilaksanakan pada bulan September 2020 mendatang adalah sebuah gelaran pesta demokrasi yang membutuhkan pengawalan dan pengamanan yang lebih baik daripada Pilkada sebelumnya, termasuk dalam Pilkada Nunukan, Kalimantan Utara. Dalam pengamanan Pilkada Nunukan tahun 2020 mendatang, akan melibatkan Kepolisian yang dibantu TNI.

Pengamanan Pilkada di Kabupaten yang wilayahnya sebagian besar berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut, juga akan semakin diperkuat. Dan guna mewujudkan hal tersebut, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dan Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Anggaran Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Daerah (Pilkada) Tahun 2020, di Ruang Kerja Bupati Nunukan, Senin (6/1).

Dalam naskah hibah itu disebutkan, Kepolisian Resort (Polres) Nunukan mendapatkan hibah anggaran pengamanan pilkada tahun 2020 sebesar Rp. 5,6 miliar dari Pemerintah Kabupaten Nunukan. Jumlah tersebut sedikit mengalami penurunan dari jumlah yang diusulkan sebelumnya sebesar Rp. 7,2 miliar.

Laura sebelum penandatanganan naskah hibah mengatakan meskipun anggaran yang diberikan oleh pemerintah daerah tidak sesuai dengan usulan yang diajukan, namun hal itu diharapkan tidak mengurangi kinerja jajaran aparat keamanan dalam mengawal pilkada tahun 2020 mendatang.

“Mohon dapat diterima anggaran yang bisa kami (pemerintah daerah) alokasikan, mudah – mudahan dapat digunakan secara maksimal dalam mengawal dan mengamankan pilkada tahun 2020 mendatang,” kata Laura.

Sementara itu, Kapolres AKBP Teguh Triwantoro menyatakan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan yang telah mengalokasikan anggaran yang wajar untuk pengamanan pilkada.

“Meskipun tidak sebesar yang kami usulkan, tetapi nilai ini sudah luar biasa bagi kami. Mudah – mudahan anggaran yang kami terima nanti bisa kami pergunakan secara maksimal, dan bisa kami pertanggungjawabkan secara baik,” kata Teguh.

Penandatanganan naskah hibah anggaran pengamanan pilkada tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nunukan Serfianus, Kepala DPKAD Iwan Kurniawan, Kepala Bappeda Juni Mardiansyah, Kepala Badan Kesbangpol Joko Santoso, Ketua KPU Kabupaten Nunukan Rahman, Ketua Bawaslu Mochamad Yusran.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR