Angka Putus Sekolah Tinggi, Repdem Gelar Jambore Anak

BOGOR – Bumikan pemaknaan kemerdekaan, Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Bogor gelar kegiatan sosial yang dihadiri sekitar 250 anak di Kampung Cibeulum, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

jambore repdam panjat pinangOrganisasi sayap partai PDI Perjuangan ini memilih tempat di lingkungan Telaga Saat seluas 1.50 hektar di kawasan Gunung Kencana yang diapit perkebunan teh Ciliwung ini cukup beralasan.

Sebab, di lokasi tersebut diketahui banyak anak dari keluarga tidak mampu yang memilih putus sekolah.

“Kami ingin setiap anak bangsa bisa memiliki mimpi yang sama untuk meraih masa depan. Pendidikan harus menjadi yang utama dan bisa jadi hak setiap orang,” kata Ketua DPC Repdem Kabupaten Bogor, Dody Achdi Suhada dalam sambutannya di atas panggung, Rabu (24/8/2016).

Dia mengatakan, faktor ekonomi kini jangan lagi jadi kendala untuk tidak bersekolah. Apalagi saat ini pemerintah sudah memberi kemudahan dengan adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Jika karena jauhnya jarak sekolah atau buruknya infrastruktur jalan, maka kami Repdem Kabupaten Bogor akan melakukan upaya melalui wakil kami di legislatif. Memperingati Kemerdekaan RI, Repdem Kabupaten Bogor ingin mengajak anak-anak, pemuda dan para orangtua untuk memaknainya dengan memerdekakan masa depan anak melalui ragam kegiatan hiburan,”tukas Dody.

Sementara, Ketua DPD Repdem Jawa Barat, Diah Pitaloka juga memberikan motivasi serupa. Politisi wanita yang duduk sebagai anggota Komisi II, DPR RI ini mengatakan, organisasi yang dipimpinnya akan mendesak pemerintah agar didirikan sekolah di lokasi tersebut. Ia juga mengaku prihatin, pelajar setempat harus menempuh jarak lebih dari 5 kilometer dengan berjalan kaki menuju sekolah.

“Anak-anak harus memiliki cita-cita setinggi langit. Seperti yang dikatakan Bung Karno, jika nantinya jatuh, masih berada diantara bintang-bintang. Jangan ada lagi cerita anak putus sekolah. Soal jarak sekolah yang dikeluhkan warga sangat jauh, pemerintah daerah harus hadir memberikan jawaban. Di lokasi ini merupakan tanah negara. Jadi, masih bisa dimohonkan dan dimanfaatkan untuk didirikan sekolah,” tuturnya.

Gelar acara Repdem yang dimulai dari pagi hingga petang ini terlihat gebyar. Pantauan indeksberita.com, kegiatan tersebut selain dihadiri ratusan anak-anak, juga mengikutsertakan orangtua jompo, pemuda hingga para orangtua.

Jambore repdem anak di panggung oke

Sebagai pembuka, didahului dengan santunan warga tidak mampu. Selanjutnya, disusul rangkaian ragam lomba mulai dari panjat pinang, lari karung hingga tarik tambang anak-anak dan dewasa dengan hadiah buku serta perlengkapan rumah tangga. Peringatan Kemerdekaan RI ini juga bertambah semarak diiringi alunan musik biduanita Repdem Bogor. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR