Anwar Sani Tarigan: Bupati Dairi Harus Berani Reformasi Birokrasi

Anwar Sani Tarigan (istimewa)

Di awal Pemerintahan Kabupaten Dairi yang dinahkodai Eddy Keleng Ate Berutu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Anwar Sani Tarigan memberikan sejumlah masukan untuk mewujudkan kabupaten Dairi Unggul. Anwar Sani menegaskan bahwa untuk mewujudkan Dairi unggul, jajaran Pemkab Dairi harus mampu mengikuti gaya kepemimpinan Bupati yang cenderung bekerja cepat dan Terukur.

“Semua jajaran harus bisa, karena pembangunan akan lamban dan bisa jalan di tempat apabila tidak dibarengi dengan kemampuan penyelenggara di bawah,” kata Legislator dari dapil Dairi ini kepada wartawan, Minggu (29/12/2019).

Anwar mencontohkan, saat Bupati Dairi berdiskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi saat ini Luhut Binsar Panjaitan, Amran Sulaiman yang kala itu menjabat Menteri Pertanian, dan juga saat berdiskusi dengan Direktur Jendral EBTKE (Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi) Kementerian ESDM FX Sutijastoto. Itu semua menunjukkan kemampuan Bupati dan itu harus dianggap sebagai peluang bagi kabupaten Dairi. Namun, harus disertai dengan Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita dalam hal ini Pejabat-Pejabat Di Dinas Terkait Pemkab Dairi untuk melakukan tindak lanjut atau follow up terhadap upaya Bupati melakukan kunjungan dan diskusi di tiga Kementerian tersebut demi kepentingan Pembangunan kabupaten Dairi,” ucapnya,

Namun yang jadi pertanyaan, sambung Politisi PDI Perjuangan itu, dengan kondisi SDM pejabat-pejabat di dinas terkait saat ini, apakah mampu mengejar ritme kerja pemimpinnya dan mampu menerjemahkan segala usaha yang sudah di lakukan oleh pemimpinnya menjadi sebuah tindakan nyata yang segera di eksekusi di Kabupaten ini.

“Mari kita jawab dalam diri kita masing-masing. Dalam sektor tertentu masih ada optimisme, namun perlu kita akui dalam banyak sektor lain Bupati Dairi perlu untuk memikirkan dan menaikkan capacity building bawahannya, dan berani melakukan perombakan besar-besaran untuk Dairi yang lebih ungul,” sarannya.

Menurut Anwar, perombakan ini juga bertujuan untuuk membawa Dairi yang unggul kearah yang lebih baik pada Dinas–Dinas tertentu yaitu setara Eselon II. Dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati harus berani dan jangan ada keraguan.

“Perubahan ke arah yang lebih baik harus menjadi target yang akan di capai, saya mendukung percepatan pembangunan di kabupaten Dairi. Bupati harus segera memilih jajarannya untuk mencapai perubahan, kita kasih kepercayaan. Apapun keputusn yang diambil oleh beliau pasti sudah dipertimbangkannya, dan kita harus dukung,” tutupnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR