Apoy Wali : Kuy Hijrah, Hijrah Itu Mudah dan Ringan

Mengenal frasa hijrah nampaknya lebih mudah melalui medium kebudayaan. Tepatnya pop culture bernama musik. Wali, band besutan produser bertangan dingin Rahayu Kertawiguna dari Nagaswara, adalah contoh paripurna, bagaimana menerjemahkan hijrah nan serius, terasa ringan, tanpa kehilangan subtansi, bahwa setiap manusia harus melakukan hijrah, lewat lagunya Kuy Hijrah.

“Setiap manusia memiliki cara dan ikhtiarnya sendiri untuk melakukan hijrah. Dimulai dari yang kecil, sedang, sampai hijrah dari kondisi yang hitam pekat sekali ke kondisi yang putih bersih,” terang Apoy, penulis lagu ‘Kuy Hijrah’, single terbaru Wali untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun ini, dalam acara Konprensi Pers pada Hari Selasa, 30 April 2019, di Green Pramuka Square, Jakarta Pusat

Apoy meyakini bahwa, karya karyanya akan menginspirasi penggemarnya, “Jika apa yang kami sampaikan, itu juga yang kami lakukan”. Dengan kata lain, yang dikedepankan Apoy dan kawan-kawan adalah satunya kata dengan perbuatan. Dalam hal ini, sangat dalam lagu adalah semangat setiap persona dari Wali Band.

Senada dengan Wali, Rahayu Kertawiguna yang setiap tahun tak pernah alpa merilis lagu-lagu bernuansa moral Islam, menegaskan bahwa apa yang dilakukannya melalui musik benar-benar berpijak pada logika agama, bukan murni bisnis.

“Musik adalah ibadah, dan saya ingin artis-artis Nagaswara beribadah bersama-sama, dan mengajak penggemarnya untuk melaksanakan ibadah sosialnya melalui musik,” tukas Rahayu, yang telah memberangkatkan anak-anak Wali Band untuk beribadah umroh lebih dari 3 kali dan sekali menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Ditambahkannya, bahwa bisnis tanpa landasan moral agama yang kuat, hanya membuat manusia serakah dan terus menerus mengejar duniawi dan melupakan akhirat nanti.

Selain Wali Band, ramadhan tahun ini, Nagaswara juga merilis sejumlah single relijius lainnya, yang dikemas dalam CD Album Kompilasi bertajuk ‘Melodi Cinta Ramadhan 2019’, berisi lagu-lagu religi dari 14 artis penyanyi seperti; WALI Band dengan single berjudul “Kuy Hijrah” ciptaan Apoy Wali Band, Merpati Band single “Mudik” ciptaan Andi Merpati Band, Bebizy single ”Rezeki Takkan Tertukar” ciptaan Jaya RPH, 2RT “Hijrah Itu Indah” ciptaan Adit 2RT, Dinda Permata “Takdir” ciptaan Andi Merpati Band, Susi Ngapak “Berikan HidayahMU” ciptaan Andi Merpati, Denias single ”Hijrah Hati” ciptaan Andi Merpati Band, Vito Valnino John “Jalan LurusMu” ciptaan Vito & Avin Mulani, Sella Selly “Berharap AmpunanMu” ciptaan Roelswara, Dilza “Mohon AmpuananMU” ciptaan Wawan TMG, Datuk Band “Yo Berbagi” ciptaan Ronald Datuk Band, DeRama Band “Ampunilah” ciptaan Awan DeRama, dan terakhir Chiko Kichiro single “Syukur Dan Ikhlas” ciptaan Hendy HS.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR