Awas, Gunung Geulis Rawan Longsor!

Longsor Gunung Geulis (Foto: Eko Octa / indeksberita.com)

BOGOR – Diguyur hujan deras, tebing setinggi 15 meter Kampung Nyalindung, RT 01 RW 04 Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor longsor. Dampaknya, jalur alternatif dari Cijayanti menuju Puncak sempat tidak bisa dilalui. Longsor tersebut terjadi Jumat (4/3/2016) sekitar pukul 21.00 WIB petang.

“Longsor terjadi sejak semalam saat hujan besar. Jalanan ini tertutup sehingga tidak bisa dilalui kendaraan,” tukas Yayas, warga setempat kepada indeksberita.com, Sabtu (5/3/2016).

Pantauan indeksberita.com, di sepanjang jalur alternatif menuju kawasan Puncak ini terdapat empat titik tebing longsor hingga menutup badan jalan. Hingga sore ini, tim gabungan terdiri petugas BPBD, kepolisian, dan TNI dibantu warga sekitar masih membersihkan tanah longsoran. Petugas pun bersiap-siap menutup jalan apabila wilayah tersebut diguyur hujan deras.

“Pihak Pemkab Bogor sudah turun tangan melakukan pembersihan, dibantu warga agar jalan kembali bisa dilintasi kendaraan,” lanjutnya.

Pada bagian lain, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo menyampaikan, di lokasi tersebut memang menjadi potensi longsor. Pada waktu yang sama, setelah mendapat laporan, BPDB langsung bereaksi menurunkan tiga unit alat berat dan satu unit mobil pemadam kebakaran membersihkan tanah longsoran.

“Dari semalam sudah dilakukan evakuasi. Selanjutnya, pagi tadi kembali dilanjutkan dengan mendatangkan alat berat, dan mobil pemadam untuk membersihkan tanah di jalan,” tutur Budi di lokasi longsor.

Sebagai informasi terkini, setelah BPBD Kabupaten Bogor turun tangan dibantu Polsek Sukaraja dan warga sekitar, sisa-sisa longsor di badan jalan sudah dibersihkan. Arus kendaraan dari kedua arah sudah kembali normal bisa mkelintasai jalan tersebut. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR