Bangun Jembatan, Relawan Jokowi Jawab Aspirasi Ribuan Warga Dua Kecamatan di Sukabumi

Sebuah jembatan yang layak lintas tak lama lagi akan dinikmati oleh warga Desa Bojong Sawah, Kecamatan Kebon Pedes dan Desa Buniwangi, Kecamatan Gegerbitung di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Selama ini, warga di kedua kecamatan itu hanya terhubung oleh jembatan gantung yang kondisinya telah cukup rapuh sehingga membahayakan keselamatan para pelintasnya.

Adalah sejumlah relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam Komite Penggerak Nawacita (KPN) yang menjawab secara nyata kebutuhan warga tersebut.

Di Sukabumi, inisiatif KPN kali ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, KPN sukses membangun jembatan yang berlokasi di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi pada 2016 silam.

Acara ‘selamatan’ yang sekaligus secara simbolik menandai dimulainya kegiatan pembangunan jembatan Nawa Cita itu digelar pada Minggu (18/3/2018).

“Kami mohon doa restu dan selamatan agar pembangunan Jembatan Nawacita kedua yang dikerjakan bergotong royong bersama warga dua desa ini, berlangsung lancar” kata Pitono Adhi, salah seorang penggerak KPN dalam sambutannya.

Sementara itu, Ammarsyah, penggerak KPN lainnya yang ditemui di lokasi acara mengatakan bahwa pembangunan jembatan ini direncanakan selesai Juli 2018 mendatang sehingga diharapkan berguna bagi lalu lintas ribuan warga dua kecamatan.

“Semoga perkiraan kami tidak molor, sehingga Juli mendatang jembatan ini sudah bisa digunakan warga,” katanya.

Inisiatif KPN mendapat apresiasi dari Abun Bunyamin selaku Lurah Kebon Pedes yang hadir di acara tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pembangunan jembatan itu merupakan bukti janji prioritas pembangunan Jokowi yang terangkum dalam Nawa Cita.

“Mewakili warga, saya menyampaikan rasa terimakasih atas inisiatif para relawan Presiden yang membuktikan kepeduliannya dengan membangun jembatan yang sangat dibutuhkan warga kedua kecamatan ini,” kata Abun Bunyamin.

“Lebih dari itu saya menafsirkan pembangunan ini adalah bukti nyata komitmen Presiden Jokowi untuk merealisasikan salah satu janji dalam Nawa Cita yaitu ‘Membangun dari Pinggiran’,” tambahnya.

Secara teknis, pembangunan jembatan Nawa Cita mengganti kontruksi jembatan lama yang kondisinya sudah tidak layak untuk dilintasi.

“Konstruksinya jembatan gantung, namun diperkuat dengan rangka baja. Direncanakan jembatan ini bisa kokoh sehingga mendukung pergerakan ekonomi masyarakat, kegiatan anak-anak bersekolah, dan kegiatan masyarakat lainnya,” kata Juanito Djamal, ketua panitia Pembangunan Jembatan Nawacita.

Sebagai informasi, KPN adalah wadah gabungan beberapa Organisasi Relawan Jokowi, yaitu SEKNAS Jokowi, Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (ALMISBAT), Bara JP, RPJB, Komunitas Alumni, Perguruan Tinggi (KAPT), Duta Jokowi, dan JNIB. ***

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR