Baturaden, Wisata Alam Tak Pernah Sepi Pengunjung

Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: Indekberita.com/Eko Octa)

PURWOKERTO – Berkunjung ke Purwokerto, sepertinya tak lengkap bila tak bertandang Baturaden. Resor wisata di Desa Kemutuk Lor Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas ini menawarkan ragam keindahan alam dimulai dari panorama air terjun, mini-train, perahu dayung hingga kolam renang.

Baturaden, berlokasi di sebelah selatan lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, atau sekitar 14 km dari utara kota Purwokerto. Untuk mencapai lokasi tersebut bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari terminal Purwokerto tinggal menggunakan angkutan kota dan turun di terminal lokawisata Baturaden.

Iklim pegunungan yang sejuk dan tingginya wisatawan yang berkunjung seolah tidak ingin disia-siakan pengusaha membidik peluang usaha. Fasilitas penginapan hotel hingga camping ground pun menjamur dan tidak sulit ditemui di lingkungan wisata ini.

Pesona alam Baturaden terbilang mampu menyedot banyak kunjungan penikmat traveling. Keterangan yang diperoleh penjaga tiket, Abdul Rahmat (35) kepada indeksberita.com Minggu (24/4/2016), perbandingan pengunjung hari biasa dengan hari libur nyaris sama.

“Harga tiket masuk Rp14.000, pengunjung sudah bisa menikmati lima wahana milik pemda secara gratis. Jumlah pengunjung di hari biasa dnegan hari libur, di Baturaden nyaris sama. Terkait pengunjung ke lokasi wisata Baturaden lebih banyak didominasi dari luar daerah,” tuturnya.

Masih menurut Rahmat, tiket tunggal tersebut bisa mengantarkan wisatawan menikmati wahana wisata yang meliputi kolam renang waterboom, kolam renang papan luncur, mandi air hangat hingga sepeda air.

“Kalau sebelumnya per wahana ditarik tiket masuk. Tapi, sekarang sudah diberlakukan tiket tunggal dengan harga Rp 14 ribu dan bisa masuk ke lima wahana,” jelasnya.

Kembali dia menambahkan, salah satu faktor peningkatan pengunjung karena adanya Kebun Raya Baturraden. Keberadaan Kebun Raya Baturraden cukup menarik minat wisatawan dari luar kota.

“Setelah Kebun Raya Baturaden diresmikan oleh ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia, Megawati Soekarnoputri akhir tahun 2015, jumlah pengunjung langsung terdongkrak. Secara kebetulan, saat itu juga bersamaan dengan libur sekolah, cuti bersama dan libur natal. Nah, dalam waktu dekat saat tiba libur sekolah jelang bulan puasa, bisa dipastikan wisatawan akan kembali membludak. Peningkatan itu juga akan terjadi saat hari raya,” prediksinya. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR