Bayangkan Jika Haji Lulung dan Ratna Sarumpaet jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Ratna Sarumpaet nonton Pengabdi Setan. Mau pulang tapi ketakutan. Telpon Anies Baswedan…Gak lama @jokoanwar dateng minta maaf dan antar pulang Ratna Sarumpaet.

Itulah salah satu cuitan di twitter yang sedang viral terkait Ratna Sarumpaet.

Seniman yang juga aktivis ini, kini panen bully warganet, gara-gara diduga mendapatkan keistimewaan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Hal itu terkait mobilnya yang diderek petugas Dinas Perhubungan, karena dinilai parkir di bahu jalan. Ratna kena bully, setelah mobilnya yang sudah diderek karena dianggap melanggar aturan, tiba-tiba diantarkan petugas Dishub DKI ke rumahnya.

Warganet dengan cepat membuat meme. Ada meme gambar mobil sedang diderek lalu ada tulisan: Mobil Anda diderek Dishub segera hubungi Anies. Ada juga meme bergambar tanda lalulintas S dicoret, dilarang berhenti. Namun di bawahnya ada tulisan Kecuali mobil Ratna Sarumpaet. Warganet sungguh cepat mencipta meme.

Di bawah ini ciutan di Twitter dan status di Facebook. Hampir semua meme, cuitan dan status warganet tetap bernuansa humor dan menghibur. Mari kita simak.
1. Ratna Sarumpaet kepleset kulit pisang. Telpon Anies. Sunpride minta maaf
2. Ratna Sarumpaet maen mobail lejen. Kalah. Telpon Anies. Apple minta maap.
3. Ratna Sarumpaet ketinggalan pesawat Telpon Anies Pilotnya puter balik.
4. Ratna Sarumpaet beli kemeja di online shop. Kekecilan. Telpon Anies. First Media minta maaf.
5. Ratna Sarumpaet minum Luwak White Coffee, ternyata bikin kembung. Telpon Anies. Lee Min Ho minta maaf…sambil bawa minyak kayu putih
6. Ratna Sarumpaet ga sengaja lewat depan tenda biru. Telepon Anies. Desi Ratnasari minta maaf.
7. Ratna Sarumpaet pengen ke Wakanda Telpon Anies. Thanos gak jadi invasi bumi.
8. Ratna Sarumpaet pagi-pagi ke tukang nasi uduk. Pesen burger, ga ada. Telpon Anies. McD minta maaf.
9. Ratna Sarumpaet lagi bikin samyang challenge, kepedesan. Telpon Anies. Presiden Korsel langsung minta maaf.
10. Ratna Sarumpaet ketakutan lihat film Conjuring Telepon Anies. James Wan minta maaf.
11. Ratna Sarumpaet iPhone-nya rusak Telpon Anies. Steve Jobs bangkit dari kubur, minta maaf ..
12. Ratna Sarumpaet main Winning Eleven pake one-two, diprotes penonton telpon Anies Konami minta maaf.
13. Ratna Sarumpaet pengin pacaran. Telpon Anies. Dilan datang buat nembak.
14. Ratna Sarumpaet pesen gojek, lama bgt ga dtng2. Telpon Anies. Nadiem Makarrim langsung jemput nyoririn sendiri.

Viralnya bully-an terhadap Ratna Sarumpaet mengingatkan kita pada Haji Lulung yang viral pada 2015. Ketika itu bahkan ada tagar #SaveHajiLulung. Berbeda dengan Ratna, Lulung terkenal gara-gara salah sebut. Saat diskusi mengenai sengketa dana UPS (Uninterruptible Power Supply), Lulung salah sebut UPS menjadi USB. Tentu sangat jauh antara UPS dan USB. Ketika itu Lulung sedang diwawancari oleh beberapa awak media, tetapi terpeleset mengatakan USB.

Pada wawancara dengan Majalah Tempo edisi Senin 19 Agustus 2013, Lulung yang sering disebut sebagai penguasa Tanah Abang mengatakan bahwa jika dirinya tidak jadi anggota DPRD, dia akan kembali ke jalanan.

“Kalau saya enggak jadi apa-apa lagi, nongkrong saja di Tanah Abang. Meludah saja jadi duit,”kata Lulung.

Bayangkan kalau setiap tempat di Indonesia diludahi sama Haji Lulung. Apa Kemenkeu masih perlu Tax Amnesty? Jika Haji Lulung bersedia meludah lebih banyak, Indonesia mungkin akan lebih maju dari Amerika Serikat.

Saat Haji Lulung berurusan sama sosial media. Software dan aplikasi sosmed pun tunduk pada pedagang besar Pasar Tanah Abang ini. Misalnya ketika membuat email, namanya yang jadi domain email ymail@hajilulung.com atau gmail@hajilulung.com.

Bukan cuma itu, kalau Haji Lulung lupa password FB, dia nggak akan diminta konfirmasi ini itu. Mark Zuckerberg langsung datang ke rumah Haji Lulung buat minta maaf.
Itu sebagian lelucon yang viral tiga tahun lalu. Simak juga beberapa kreatifitas warganet yang tetap mengundang senyum.

1. Haji Lulung jarang liburan karena kalau dia pingin ke pantai, pantainya yang akan dikirimkan lewat JNE ke rumah Haji Lulung.
2. Haji Lulung males ngantor. Saat itu juga dijadikan hari libur nasional.
3. Haji Lulung beli paket data internet. Operatornya yang membayar.
4. Haji Lulung makan sambel. Sambelnya yang kepedasan.
5. Haji Lulung ikutan jogging, sepatunya yang keringetan
6. Haji lulung ikut UAS yang lain dapat lembar jawaban, dia jawab kunci jawaban.
7. Haji Lulung mau lewat polisi tidur, polisi tidurnya langsung berdiri hormat grak gitu
8. Haji lulung main bola, wasit nya yang di kartu merah
9. Haji lulung jadi dosen tapi tak datang.. mahasiswanya yang datang minta maaf
10. Haji Lulung lewat kuburan Setannya pada baca ayat kursi

Apa yang membedakan antara Ratna Sarumpaet dengan Haji Lulung? Pada bully-an terhadap Haji Lulung yang dianggap “sakti” adalah dirinya sendiri. Sementara pada Ratna Sarumpaet ada kata Telpon Anies. Jadi yang “sakti” adalah Anies bukan Ratna. Ratna hanya memanfaatkan kesaktian Anies karena pendukungnya.

Humor memang membuat orang senang berpartisipasi. Ini bisa lebih diterima oleh orang banyak dibanding kritik kasar. Yang tidak terlalu suka politik bisa ikutan. Seseorang dijadikan bahan guyonan memang salah satu risiko yang harus dihadapi oleh tokoh publik. Tapi bukan berarti Ratna Sarumpaet dan Haji Lulung tidak mendapat keuntungan dari sini. Bagaimanapun menjadi populer adalah bekal yang positif. Kalau kita bicara politik, yang penting memang populer dulu. Ini tinggal bagaimana dia memanfaatkan popularitasnya agar bisa menguntungkan.

Nah. Kita sudah memahami kehebatan Ratna Sarumpaet dan Haji Lulung. Bagaimana jika dua tokoh itu disandingkan? Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pasti lebih heboh….

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR