Beredar Kabar Azwar Anas Mundur Sebagai Pendamping Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur

Saifullah Yusuf dan Azwar Anas saat menerima rekomendasi dari PDI Perjuangan, 15 Oktober 2017. (istimewa)

Menjelang dibukanya pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Jawa Timur, 8-10 Januari 2018, justru terdengar kabar Bupati Banyuwangi Azwar Anas mundur sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur untuk Pilgub 2018. Azwar Anas adalah calon wakil gubernur yang mendampingi Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf,

Pasangan calon Gus Ipul/Azwar Anas sebagai calon gubernur/wakil gubernur, diusung oleh PDI Perjuangan dan PKB. Walau mundurmya Azwa Anas telah beredar luas di Media Sosial, tetapi Gus Ipul sendiri mengaku terkejut dan belum bisa memberikan jawaban pasti atas berita tersebut.

“Nanti Pak Anas sendiri yang akan mengatakan mengenai pengunduran dirinya,” kata Saifullah Yusuf, Kamis (4/1/2018).

Ia bahkan mengaku belum berkomunikasi dengan Azwar Anas. Menurut Gus Ipul, informasinya Azwar Anas akan secara langsung dalam waktu dekat akan mengabarkan kepada dirinya.

“Saya secara pribadi belum ketemu dan berkomunikasi secara langsung dengan Pak Anas, tetapi ini hanya informasi awal dan Pak Anas sendiri yang nanti berniat menyampaikannya sendiri,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga menyampaikan, bahwa dirinya sudah mengabarkan kepada partai pengusung, PDI Perjuangan dan PKB. Selain itu, ia juga terus mengikuti perkembangan isu yang beredar.

“Saya sudah sampaikan kepada partai pengusung dan kami juga tetap mengikuti dan mengawal perkembangan isu yang beredar,” ucap Gus Ipul.

Ia menegaskan, perombakan seperti ini sudah biasa terjadi menjelang pembukaan pendaftaran Pilkada. “Efek kejutan seperti ini sudah biasa terjadi, contohnya saya dulu dengan Pakde Karwo juga terjadi di detik-detik terakhir,” ujar Gus Ipul.

Sementara itu secara terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi membantah keras isu tersebut. Menurut Kusnadi, isu tersebut salah besar. Ia tetapi meminta masyarakat jangan terpancing oleh isu di media sosial.

“Ora ono opo-opo (tidak ada apa-apa), bagaimana saya mau nanggapi itu isu. Itu lihat baliho tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas masih terpasang di kantor DPD PDIP Jatim,” kata Kusnadi.

Berbeda dengan jawaban Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Anas, Hikmah Bafaqih. Ia menunjukkan keraguannya ketika dikonfirmasi dan mengaku belum dapat kabar dari pihak mana pun terkait pengunduran diri Anas.

“Nanti ada sesi untuk menjawab masalah ini, terkait benar tidaknya saya tidak bisa komentar,” kata Hikmah.

Berikut pesan berantai yang beredar di Media Sosial :

“Assalamualaikum para kyai, bunyai dan tiem relawan.

Bahwa karena hasil survey, keberadaan mas Azwar Anas ternyata mengurangi elektabilitas Gus Ipul maka keberadaannya sebagai cawagub ditinjau ulang oleh partainya dan sekarang masih dalam proses penggantian.
Mohon doa semoga penggantinya mas Anas nanti akan lebih mendongkrak suaranya Gus Ipul. Dan Gus Ipul akan menjadi pemenang dlm Pilgub 2018.
Al Fatihah.”
(Kontributor : Muh Doffir)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR