Besok, Ribuan Umat Muslim Bogor Aksi Demo Ahok

Ketua MUI Kota Bogor, Adam Ibrahim saat akan gelar rapat pematangan unjuk rasa di gedung PPIB, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (26/10/2016)

BOGOR – Besok, Kamis (27/10/2016), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor bersama puluhan ormas Islam akan turun ke jalan dengan tuntutan Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama agar diproses hukum terkait pernyataannya beberapa waktu lalu yang dinilai melecehkan umat muslim.

Rencananya, sebanyak 7000 massa aksi dari beberapa organisasi serta mahasiswa diperkirakan akan ikut bergabung berunjuk rasa yang akan dimulai pukul 07.30 WIB di Masjid Raya, Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

“Kita sudah melakukan pematangan, lebih dari 50 organisasi akan bergabung, berikut juga DKM serta 3 kampus di Kota Bogor yakni IPB, UIKa dan Universitas Pakuan. Serta, LDKM,” ujar Komisi IV MUI Kota Bogor, Fitrah Ashab saat diwawncarai indeksberita.com, Rabu (26/10/2016).

Beberapa organisasi yang sudah memastikan akan ikut mengerahkan massa tersebut yakni Forum Umat Islam (FUI), Front Pembela Islam (FPI), Forum Keluarga Muslim (Forkami), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Wadah Islamiyah, Al Irsyad, Ad Dzikra hingga sejumlah majelis taklim.

“Tuntutan aksi, mendesak penegak hukum segera mengadili Ahok. Aksi demo besok, akan dimulai dari Masjid Raya, setelah pengajian. Kemudian, berlanjut melakukan long march ke Tugu Kujang untuk berorasi. Setelah itu berlanjut ke BTM, dan berakhir di Balaikota Bogor,” ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua MUI Kota Bogor, Adam Ibrahim juga memberikan keterangan senada.

“Aksi yang akan kita lakukan adalah aksi damai. Kita sudah membuat pemberitahuan ke kepolisian, hingga beberapa pihak terkait. Dalam demo nanti, kami ormas Islam akan menyampaikan pernyataan sikap ke Walikota Bogor. Untuk selanjutnya, diteruskan ke Presiden RI, serta kepolisian. Unjuk rasa akan berakhir setelah tiba di balaikota, dengan menggelar salat zuhur berjamaah di halaman balikota,” tuturnya.

Saat ditanya, apakah aksi demo tersebut merupakan gerakan pemanasan jelang gelar aksi unjuk rasa besar-besaran di Jakarta pada 4 November mendatang? Ketua MUI Kota Bogor membenarkan.

“Ya, tanggal 4 November nanti, Kota Bogor juga akan ikut bergabung dengan rekan-rekan di Jakarta dalam demo tersebut. Acara aksi besok, merupakan pemanasan. Yang pasti, kita tergerak turun ke jalan karena pernyataan Ahok yang sudah melecehkan umat muslim,” tuntasnya. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR