Cegah Corona, PN Nunukan Gelar Sidang Secara Online

Keterangan foto: Kantor Pengadilan Negeri Nunukan

Sebagai bentuk antisipasi merebaknya wabah Covid – 19, Pengadilan Negeri (PN) Nunukan Kalimantan Utara dilakukan melaksanakan sidang secara online, dengan memanfaatkan video conference (vicon).┬áKepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Nunukan Bonar Satrio Wicaksono mengatakan, pandemi Covid-19 bisa jadi berimbas pada agenda sidang perkara pidana, bahkan akibat wabah ini, sebelumnya banyak jaksa dan hakim di Indonesia menunda persidangan.

Bonar menjelaskan, sidang secara online tersebut dengan menggunakan aplikasi zoom. “Kita sudah ada arahan untuk online, pakai aplikasi zoom dan semacam vicon gitu sidangnya,”ujarnya, Selasa (31/03/2020).

Bonar mengatakan bahwa persidangan memang harus tetap digelar karena masalah baru dapat terjadi ketika masa penahanan terdakwa telah habis dan terdakwa terpaksa harus dibebaskan dari tahanan.

Sejak dilaksanakan sidang online Senin 30 Maret 2020 kemarin, belum ada kendala berarti semacam signal buruk atau tekhnis lain,sebagaimana biasa terjadi di Nunukan yang merupakan wilayah perbatasan RI – Malaysia. Dengan aplikasi zoom jaksa bersidang di ruangan vicon bersama saksi, demikian pula hakim, mereka memimpin sidang di ruangan khusus PN Nunukan, sementara terdakwa didampingi kuasa hukumnya mengikuti sidang dari lapas Nunukan.

Dengan menggelar sidang melalui vicon, kata Bonar, semua pekerjaan penegak hukum dapat tuntas karena tidak terpengaruh ancaman pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah lancar, kita bekerja juga tidak was-was takut tertular wabah karena tidak ada pertemuan langsung, semoga bencana ini segera berlalu,”katanya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR