Ini Daftar Nama Para Pangeran Arab yang Ditangkap Kasus Korupsi

Keterangan Foto : Pangeran Awaleed bin Talal, orang terkaya di dunia, salah seorang dari Pangeran Arab yang ditangkap kasus korupsi pada Sabtu (4/11/2017). Foto: Reuters

Sejumlah Pengeran Arab ditangkap oleh Komite Anti-Korupsi Arab Saudi pada Sabtu (4/11/2017). Pangeran Arab yang ditangkap kasus korupsi tersebut, salah satunya adalah Alwaleed bin Talal dan 4 menteri yang tengah menjabat di pemerintahan.

Berita penangkapan tersebut cukup mengejutkan publik, pasalnya beberapa jam setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman mendapat mandat sebagai komite anti rasuah tersebut, pihaknya bertindak dan menahan sejumlah menteri, eks menteri Kerajaan Saudi, serta sejumlah pengusaha itu.

Pihak kerajaan Arab Saudi enggan menyebutkan siapa saja para Pangeran beserta para menteri serta pengusaha yang ditangkap. Namun seorang pejabat senior Arab Saudi yang menolak disebutkan identitasnya seperti dilansir Reuters, Minggu (5/10), membocorkan mereka yang ditahan.

Para menteri dan bekas menteri Kerajaan Saudi serta pengusaha, yang kini harus mendekam di penjara lantaran diduga melakukan tindak korupsi tersebut, adalah:

1. Pangeran Alwaleed bin Talal, Chairman Kerajaan Holding
2. Pangeran Miteb bin Abdullah, Menteri Garda Nasional atau Angkatan Bersenjata Arab Saudi
3. Pangeran Turki bin Abdullah, mantan Gubernur Provinsi Riyadh
4. Khalid al-Tuwaijri, mantan Kepala Pengadilan Kerajaan Saudi
5. Adel Fakeih, Menteri Ekonomi dan Perencanaan Arab Saudi
6. Ibrahim al-Assaf, mantan Menteri Keuangan Arab Saudi
7. Abdullah al-Sultan, Komandan Angkatan Laut Saudi
8. Bakr bin Laden, Chairman Saudi Binladin Group
9. Mohammad al-Tobaishi, mantan Kepala Protokol di Royal Court
10. Amr al-Dabbagh, mantan Gubernur Otoritas Investasi Umum Arab Saudi
11. Alwaleed al-Ibrahim, pemilik jaringan televisi MBC
12. Khalid al-Mulheim, mantan Direktur Jendral Saudi Arabian Airlines
13. Saoud al-Daweesh, mantan Chief Executive Saudi Telecom
14. Pangeran Turki bin Nasser, mantan Kepala Meteorologi dan Lingkungan Hidup Arab Saudi
15. Pangeran Fahad bin Abdullah bin Mohammad al-Saud, mantan Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi
16. Saleh Kamel, pengusaha
17 Mohammad al-Amoudi, pengusaha

Yang paling menarik dari penangkapan ini adalah masuknya nama Pangeran Alwaleed bin Talal dalam daftar penangkapan. Sebagaimana publik mengetahui,Pangeran Awaleed adalah orang terkaya di dunia.

Pangeran Awalled adalah pengendali dari perusahaan raksasa bidang investasi Kingdom Holding. Perusahaan ini memiliki saham di banyak perusahaan kelas dunia seperti News Corp, Time Warner, Citigroup, Twitter, Apple, Motorola, dan banyak perusahaan ternama lainnya.

Awalled juga dianggap Pangeran yang sangat “vocal” terhadap kebijakan Kerajaan Arab Saudi. Dia kerap berbicara blak-blakan atas berbagai macam isu, misalnya Alwaleed secara terbuka mendukung hak perempuan mengemudi jauh sebelum Kerajaan Saudi memberi izin.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR