Delapan Helikopter Apache Resmi Perkuat TNI AD

Helikopter Apache jenis penyerang AH-64E, Rabu (16/52018) diserahterimakan untuk perkuat TNI AD (Humas Kemenhan)

Delapan Helikopter Apache jenis penyerang AH-64E, yang memiliki teknologi tinggi dan tercanggih saat ini, secara resmi diserahterimakan dari Pemerintah Amerika kepada Pemerintah Indonesia. Keberadaan 8 (delapan) Helikopter Serang AH-64E Apache ini diharapkan dapat memperkuat wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terutama di wilayah darat.

Hal tersebut diungkapkan Menhan RI Ryamizard Ryacudu dihadapan Panglima TNI, anggota Komisi I DPR RI, Dubes AS di Indonesia dan Staf USAF, saat menerima 8 (delapan) Helikopter Serang AH-64E Apache di Apron Lanumad Ahmad Yani Semarang, Rabu (16/5). Penyerahan dilakukan Menhan kepada TNI yang diwakili Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono. Dengan adanya heli itu berarti melengkapi alutsista Skuadron 11/Serbu Semarang Puspenerbad.

Pengadaan heli Apache ini, lanjut Menhan, merupakan bagian integral dari upaya pemenuhan kebutuhan alutsista TNI dan juga guna memperkuat postur pertahanan negara. Selain itu pengadaan heli ini untuk mengantisipasi dimensi ancaman baik nyata maupun tidak nyata.

Pengadaan heli ini merupakan hasil kerjasama dengan pemerintah AS melalui Program Manegement Office (PMO) dan menggunakan skema G to G sehingga pengiriman delapan heli ini dapat berjalan dengan lancar.

Kepada Personel TNI AD, Menhan berpesan untuk merawat dan menjaga pesawat ini agar masa pakainya dapat seoptimal mungkin. Dan ini juga bentuk terima kasih dan tanggungjawab Pemerintah kepada rakyat Indonesia yang telah menghadiahkan alutsista yang tercanggih saat ini.

Helikopter AH-64E Apache merupakan helikopter modern berteknologi canggih yang bisa dioperasikan dalam berbagai kondisi medan dan cuaca. Dengan teknologi canggih ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan tempur serta profesionalisme personel penerbang TNI AD dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Menhan berharap kehadiran Helikopter AH-64E Apache dapat memperkuat pelaksanaan tugas TNI AD, dimana pengadaan heli ini merupakan bagian dari program modernisasi Alutsista TNI sesuai Rencana Strategis Pertahanan Negara dan program Minimum Essential Force (MEF).

Sementara itu pemerintah AS melalui perwakilannya Erin Elizabeth McKee mengungkapkan rasa bangga dapat menjadi partner Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan alutsista TNI. Pembelian heli Apache merupakan bentuk kemitraan strategis Amerika Serikat dengan Indonesia. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat membuat kemiteraan antara Indonesia dan AS semakin kuat.

“Kami berharap dengan tambahan Apache ini kepada angkatan bersenjata Indonesia dapat mendukung komitmen kedua negara untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Erin McKee.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR