Destinasi Ngabuburit Yogyakarta : Taman Pintar Book Store

Konsep “ngabuburit” (asal bahasa Sunda) adalah membuang waktu untuk berbuka puasa atau dapat kegiatan dalam melupakan rasa lapar dan hadaga sampai adzan magrib berkumandang. Mencari ta’jil, berjalan-jalan di mall, atau menonton film terbaru di bioskop terdekat merupakan hal yang biasa atau membudaya pada masyarakat urban. Saking biasanya dan telah menjadi rutin, ngabuburit sendiri bisa mendatangkan kejenuhan.

Dalam tajuk ini, Indeks Berita merekomendasikan tempat-tempat menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dituju kepada; pembaca Indeksberita.com/ yang setia, pegiat ngabuburit dan pelancong yang saat ini sedang berada di regional DIY, Indeks Berita mengajak masyarakat untuk tidak hanya ngabuburit sambil berbelanja atau mencuci mata, namun juga sambil berwisata di Jantung Kota Pelajar.

Sambil Ngabuburit, Sambil Baca
Menyusuri Jl. Malioboro sembari mencari cinderamata mungkin sudah biasa. Namun pernahkah anda melirik Jl. Senopati dan memarkirkan kendaraan anda di sana? Memang tidak terlalu ramai dibandingkan Malioboro, melihat bahwa hanya beberapa penjual figura dan batu akik saja yang memenuhi. Namun ketika anda berjalan ke area Taman Pintar tepatnya Jl. Sriwedari, di antara Masjid Izul Ilmi dan Taman Budaya Yogyakarta, keramaian Taman Pintar Book Store dapat anda lihat.

imageimageRamai dan terlihat seperti pasar, namun bukan sayur, sembako atau bahkan ta’jil yang dijual, melainkan buku. Berdiri tegak dengan dua lantai bangunan dan terdapat 124 kios dengan ratusan buku di setiap kiosnya. Mahasiswa seantero DIYpun akrab memanggilnya dengan kata shopping. Apabila anda bertanya dimana tempat cari buku yang lengkap, mereka akan menjawab “ke shopping aja.”
imageBerbagai buku yang belum dan pernah anda lihat dapat anda peroleh apabila anda giat mengunjungi kios satu per satu. Tidak hanya buku baru, yang bekas dan bahkan skripsi yang umurnya sudah bertahun-tahun lamanya dapat anda peroleh di sana.

Penjualnya pun tidak kalah hebat. Bayangkan saja, dengan jumlah buku menggunung dan meski tidak menggunakan mesin pencari juga rak layaknya beberapa toko buku yang telah lama kita kenal, lantaran juga kiosnya tidak lebih lebar dari 4×4 meter, secara manual para penjual (sebut saja pramupustaka) dapat menjawab pertanyaan akan buku yang kita cari. Tentunya tidak seinstan menggunakan mesin pencari.
imageUntuk harga masing-masing buku yang kita cari pun relatif. Dengan banyak alternatif kios (124 kios), buku termurah pun dapat anda peroleh. Tidak jarang beberapa kiospun memberikan diskon untuk beberapa buku tertentu. Kalo beruntung, dengan izin membaca di tempat, konten isi pun dapat kita serap dengan gratis. Jasa sampul buku pun tersedia bagi anda yang tidak mau repot-repot menyampul buku sendiri.
imageTaman Pintar Book Store atau shopping dapat menjadi salah satu alternatif ngabuburit anda. Dengan banyak macam dan jenis buku disana, bagaikan lorong waktu, berjam-jam waktu dapat terbuang dengan dan tanpa anda sadari.

Tips Membeli Buku:
Jika anda membeli buku di sini, harga bisa ditawar, tak seperti di toko buku biasa. Jika pramupustaka menawarkan harga buku Rp. 100.000,- jangan kaget. Anda bisa menawar mulai Rp. 40.000,-. Biasanya buku akan pindah ke tangan anda setelah kesepakatan harga antara Rp. 60.000 sampai Rp. 75.000,;. Jadi jangan segan-segan menawar!

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR