DPR Minta Pemprov Segera Cairkan Anggaran Pilkada Jawa Timur 

Photo Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fandi Utomo, yang meminta Pemprov untuk mencairkan anggaran Pilkada Jawa Timur

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fandi Utomo meminta, supaya pemerintah daerah segera mencairkan dana hibah untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Jawa Timur.  Menurut Fandi, pencairan anggaran pilkada Jawa Timur tersebut, bisa dilakukan melalui mekanisme penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Ia berharap anggaran pilkada Jawa Timur tersebut bisa cepat cair, agar dapat segera digunakan untuk memulai proses tahapan pemilihan kepala daerah, yang saat ini sudah melalui proses sosialisasi.

“Maksimal akhir Juli anggaran itu seharusnya harus dicairkan. Sebab kalau proses pemilihan kepala daerah ini dimulai bulan depan (Agustus). Ini yang seharusnya menjadi perhatian masing-masing pemerintah daerah,” kata Fandi Utomo, Selasa (25/7/2017).

Masih kata Fandi, jika anggaran tersebut tidak segera dicairkan, proses pemilihan kepala daerah tidak bisa berjalan dengan semestinya.

“Kalau saatnya sudah ditentukan harus dicairkan, mestinya tak perlu ditunda. Menunggu apa, “ tandas Fandi.

Terpisah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito mengatakan, target penandatangan naskah perjanjian hibah daerah memang sudah tentukan akhir Juli ini. Mestinya, lanjut Eko, pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah melakukan pencairan tersebut.

“Tetapi seluruh daerah kami targetkan tuntas bulan ini. Kami optimis tak ada kendala,” ujarnya.

Untuk pemilihan kepala daerah Jawa Timur, sebagaimana KPU Provinsi Jawa Timur, Pemrov Jatim, dan DPRD Jawa Timur telah sepakat menetapkan anggaran Pilkada Jawa Timur sebesar Rp817 miliar.

Sedangkan untuk anggaran pemilihan kepala daerah di 18 kabupaten dan kota di Jawa Timur akan dibagi dengan masing-masing pemerintah daerah.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan pemilihan kepala daerah akan berlangsung 27 Juni 2018 mendatang. Namun demikian, proses pelaksanaan tersebut sedang berlangsung. KPU Jawa Timur sendiri, saat ini giat menggelar sosialisasi.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR