Dukungan Kyai Terhadap Saifullah Yusuf Lebih Besar Dari Khofifah

Foto ilustrasi. Dukungan kyai terhadap Saifullah Yusuf lebih besar dibanding Khofifah Indar Parawansa (Supriyadi)

Di mata kiai, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf lebih menonjol dibanding Menteri Sosial Khofiah Indar Parawansa. Hal ini terlihat dalam hasil survei yang dilakukan lembaga survei Polltrend Education and Research, yang menunjukan dukungan Kyai terhadap Saifullah Yusuf levih besar dibanding ke Khofifah.

Direktur Eksekutif Polltrend Education and Research Khoirul Yahya mengatakan, hasil survei yang dilakukan menunjukkan elektabilitas Saifullah Yusuf mengungguli Khofifah Indar Parawansa. Itu berdasarkan, penilaian responden khusus para kiai yang tersebar di Jawa Timur.

Yahya menyampaikan, ada 61 responden kiai yang dipilih melalui Forum Group Discussion (FGD) dan dikategorisasi menurut pengertian Profesor Riset LIPI Endang Turmudi.

“Menurut Endang, ada 4 tipologi kiai di Jawa Timur ini, yaitu  kiai panggung, kiai pesantren, kiai politik, dan kiai tarekat,” kata Yahya di Surabaya, Rabu (30/8/2017).

Masih kata Yahya, para kiai itu tinggal di Surabaya, Madura, Malang, Sidoarjo, Bojonegoro, Jombang, Lamongan, Kediri, Blitar, Pasuruan, Situbondo, dan Madiun.

“Elektabilitas Gus Ipul sebesar 72,1 persen, dan Khofifah sebesar 16,4 persen,” ungkap Yahya.

Survei yang dikerjakan Juni-Juli 2017, juga memposisikan Ketua DPRD Jawa Timur Halim Iskandar berada diurutan ketiga, memperoleh 3 persen. Sementara untuk nama lain seperti Tri Rismaharini, Abdullah Azwar Anas, Hasan Aminuddin, Iman Nahrawi, Soepriyatno menduduki angka yang sama yaitu 1,6 persen.

“Kalau kita lihat, bisa dibilang selisihnya cukup tinggi yaitu 55 persen, “ ucap Yahya.

Alasan survei ini dilakukan di kalangan kiai sebagai responden. Karena aspek sebaran pesantren di Jawa Timur. Menurut Yahya, karena kiai sebagai representasi umat, yang seringkali dijadikan sebagai ujung tombak dalam menentukan kandidat untuk calon pasangan calon kepala daerah.

Di aspek popularitas, Saifullah dan Khofifah selisihnya tidak begitu signifikan. Yahya menyebutkan,Saifullah Yusuf yang mencapai 100 persen dan Khofifah 93,4 persen.  Hal ini yang menjadi keyakinan Yahya, bahwa hasil survei yang dilakukan mendekati gambaran pilihan warga Jawa Timur dalam Pilkada 2018 mendatang, figur kiai masih menjadi daya magnit tersendiri untuk melenggangkan calon gubernur menjadi gubernur.

”Karena sekitar 70 persen masyarakat Jawa Timur terafiliasi atau merasa dirinya warga NU. Jadi penting untuk mengetahui sikap para kiai sebagai pembentuk opini warga,” ujar Yahya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR