Dukungan PKB ke Saifulah Yusuf Sebagai Cagub Jawa Timur Masih Sebatas Pernyataan

Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar mengatakan, meski partainya belum mengeluarkan rekomendasi resmi terhadap Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Timur. hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan, mengingat dukungan PKB ke Saifulah Yusuf dalam pemilihan gubernur Jawa Timur, adalah instruksi langsung dari ketua umum. Menirutnya, intruksi Ketua Umum PKB Muhamin Iskandar sudah cukup kuat sebagai kekuatan hukum.

“Kalau yang menginstruksikan langsung itu ketua umum, itu sama saja sudah ada rekomendasi resmi dan berkekuatan hukum. Hitam di atas putih hanya formalitas saja,” kata Halim di gedung DPRD Jawa Timur, Senin (31/7/2017).

Halim yang Senin itu tengah meluncurkan buku, “Jihad Politik PKB”  selanjutnya mengatakan, mengusung nama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dalam pemilihan kepala daerah 2018 mendatang, sudah menjadi pilihan PKB. Sebab selama ini PKB sudah sepakat akan mengusung kader NU untuk menjadi gubernur di Jawa Timur.

Ia menolak kalau PKB yang dikhawatirkan sebagian kalangan, bahwa inkonsisten –tidak jadi mengusung Saifullah Yusuf. Berdasarkan pegalaman yang pernah terjadi dalam pemilihan presiden 2014. Melalui Ketua Umum Muhaimin Iskandar pernah mengatakan, PKB akan mengusung Raja Dangdut Rhoma Irama sebagai presiden.

“Itu beda, itu kan urusan nasional, “ kilah Halim.

Rekomendasi terhadap Rhoma Irama mencuat di kalangan internal PKB. Akhirnya PKB memutus ikut pendukung barisan Joko Widodo yang sekarang menjadi presiden.

Hal itu sempat terulang, saat pemilihan kepala daerah DKI Jakarta, PKB menyatakan akan mengusung musisi Ahmad Dhani. Namun yang terjadi, saat pemilihan kepala daerah digelar PKB dalam barisan Agus Harimurti Yudhono di putaran pertama, dan Basuki Tjahaja Purnama di putaran kedua.

“Kita jangan campur aduk urusan nasional dan Jakarta. Kita mempunyai kultur yang berbeda dalam hal berpolitik, “ kata Halim.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR