Eksotisme Komplek Wisata Alam Gunung Bunder

Komplek. wisata air dan wisata alam Gunung Bunder

Gunung Bunder merupakan destinasi wisata alam yang cukup popular. Berada di daratan tinggi rata rata hampir mencapai 900 m dpl, kesejukan udara dan panorama alam menjadi daya tarik tempat wisata ini. Lokasinya, tak begitu jauh dari Kota Bogor atau Jakarta sehingga mudah untuk dicapai.

Wana Wisata Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, berada di wilayah Kabupaten Bogor. Tempat ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dari Kota Bogor hanya berjarak sekitar 25 kilometer ke arah Bogor Barat atau ke arah Kampus IPB Darmaga.  Kemudian, belok ke daerah Cikampak menuju Pamijahan. Setelah itu, jaraknya tidak berjauhan.

Gunung Bunder sendiri merupakan hutan milik Perhutani yang sebagian besar ditumbuhi pohon pinus. Di kawasan Gunung Bunder, Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Curug Cadas, Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Pangeran, dan Curug Seribu. Selain itu, terdapat juga kawasan wisata Kawah Ratu.

Bagi pencinta alam, lokasi ini banyak dijadikan sebagai kegiatan tempat mereka berkemah dan bermalam. Tak hanya dingin dan pesona hutan pinus, keindahan khas lanskap daratan tinggi berupa beberapa air terjun atau curug memiliki keunikan masing masing dengan beragam ketinggian dan lokasinya masih berada di lingkungan Gunung Bunder.

Dengan ketinggian mencapai 1050 meter dari permukaan laut, Wana Wisata Gunung Bunder adalah tempat yang sejuk dan masih cukup alami. Dan, lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata selain kawasan Puncak yang sudah cukup padat.

Bumi Perkemahan di komplek wisata alam Gunung BunderBumi Perkemahan di komplek wisata alam Gunung Bunder

Di kawasan ini juga terdapat camping ground  bagi yang senang berkemah, dan juga tersedia fasilitas outbound. Selain itu juga terdapat rute treking dan hiking yang bisa ditelusuri untuk menuju berbagai air terjun di kawasan ini. Sementara, area perkemahan di wana wisata ini memiliki kapasitas 30 unit (400 orang) yang kerap digunakan mahasiswa dan pelajar, berkemah dan menyatu dengan alam di Gunung Bunder.

“Setiap akhir pekan atau hari libur, Gunung Bunder jadi kunjungan wisatawan dari luar Bogor. Seperti dari Tangerang, atau Jakarta,” kata Reza Pahlevi (30), mahasiswa perguruan tinggi swasta Kota Bogor yang bertempat tinggal di Pamijahan, Gunung Malang.

Penuturannya, bagi kalangan pecinta alam sejumlah perguruan tinggi, Gunung Bunder bukan nama yang asing. Kawasan wisata Gunung Bunder disebutnya menarik dikunjungi karena ada beberapa lokasi wisata yang penuh tantangan seperti Curug Seribu dan Kawah Ratu.

“Di tempat ini ada banyak air terjun dan lingkunganya yang menunjang untuk beragam kegiatan yang berkaitan dengan alam. Beberapa diantara air terjuan tersebut seperti Curug Cigamea dan Curug Ngumpet yang paling banyak dimintai wisatawan menikmati keindahan alam di lokasi Gunung Bunder yang termasuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak,” kata pria yang juga membuat usaha rumah makan dilingkungan Curug Cigamea, Gunung Bunder.

Air terjun di Curug Cigamea terbilang indah. Untuk menuju ke lokasi tersebut, hanya melalui jalur setapak sekitar 30 menit tidak jauh dari pintu masuk. Ada banyak warung kecil di tempat tersebut yang menyediakan makanan dan minuman di kawasan ini. Selain itu juga terdapat flying fox menyeberangi jurang menuju Curug Cigamea untuk mencapai air terjun ini dengan tiket Rp20 ribu per orang.

Selain Curug Cigamea, air terjun Curug Cihurang juga tak kalah mempesona serta relatif aman untuk dikunjungi. Di kawasan ini terdapat camping ground atau lahan perkemahan. Air terjun ini juga tidak terlalu tinggi dan bisa dinikmati. Air terjun lain yang berada dikomplek wisata Gunung Bunder ini yakni Curug Cihurang, Curug Pangeran, Curug Ngumpet dan Curug Cadas Ngampar.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR