Fahri Hamzah Nilai Komjen Budi Gunawan Polisi Cerdas

Di mata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, sosok Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Sutiyoso, termasuk polisi yang cerdas.

Selain itu, mantan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) ini juga dinilai memiliki kemampuan analisis kuat.

“Kalau soal kecerdasan, Pak BG (Budi Gunawan) termasuk polisi yang banyak menulis dalam lima hingga 10 tahun terakhir. Saya tidak meragukan kapasitas dan kemampuan Budi Gunawan,” katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (2/9).

Kendati cenderung pendiam, Budi Gunawan juga dinilai politisi PKS ini sebagai sosok yang memiliki analisa tinggi serta cakap dalam membaca keadaan.

“Memang orangnya tidak suka bicara, tetapi orangnya itu menulis, analitik dan cukup kuat dalam membaca keadaan,” ujarnya.

Selain itu, Fahri menilai, posisi terakhir sebagai Wakil Kepala Polri juga sudah memadai untuk dipromosikan sebagai Kepala BIN.

Seperti diketahui, pimpinan DPR telah menerima surat pergantian Kepala BIN yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. DPR akan segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Budi Gunawan.

“Kami akan proses rapim, Senin akan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi, biasanya Komisi I kemudian diumumkan dalam rapat paripurna terdekat, setelah itu fit and proper oleh Komisi I,” kata Ketua DPR RI Ade Komarudin.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR