Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Sulawesi Tengah

Peta lokasi gempa berpotensi tsunami guncang Sulawesi Tengah hari ini (12/3). Foto BMKG.

Gempa berkekuatan 6,9 skala richter mengguncang wilayah Kecamatan Luwuk, Kabupaten Baggai  Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019). Gempa tersebut diperkirakan berpotensi tsunami. Gempa  rilisnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa Gempa yang terjadi sekitar pukul 18: 40 WIT tersebut berpusat pada 85 km barat daya Banggai Kepulauan.

“Gempa berlokasi 1.90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur. Gempa ini diperkirakan bisa memicu terjadinya tsunami,” demikian rilis BMKG , Jumat (12/4/2019).

Terkait kejadian ini, BMKG menyatakan, wilayah Sulawesi Tengah dan Morowali wajib waspada. Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Sementara kondsi terkini di Kota Luwuk, warga berhamburan menyelamatkan diri ke dataran yang lebih tinggi. Mereka khawatir akan terjadiya gempa susulan dan gelombang tsunami sebagaimana yang terjadi beberapa bulan lalu.

“Kami sudah ada di lereng gunung ini bersama ratusan warga lainnya,” kata Pian, seorang warga Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang dihubungi melalui telepon seperti dikutip dari Antara.

Sementara Amelia, warga kota setempat lainnya mengaku sedang menyimpan barang-barangnya di dalam rumah untuk selanjutnya mengungsi.

“Kami siap-siap ke gunung Om, karena ada laporan, air laut di pantai sudah surut,” ujar ibu satu anak yang juga pendeta tersebut.

Getaran gempa itu ikut dirasakan hingga ke wilayah Luwu Raya, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Warga Kota Palopo bahkan ikut berhamburan keluar rumah saat terjadi gempa.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR