Gempa yang Mengguncang Pulau Jawa Semalam, BMKG Peringatkan Potensi Tsunami

Guncangan akibat Gempa terjadi di beberapa wilayah di Pulau Jawa pada Jumat Malam pukul 23:47 WIB. Wilayah Yogyakarta dan Sukabumi adalah wilayah yang paling merasakan getaran gempa tersebut. Menurut hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa yang mengguncang Pulau Jawa tersebut, terjadi pada pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 50 km.

“Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Sukabumi dan sekitarnya,” ujar Joko Siswanto, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan dalam keterangan tertulis, Jumat(15/12).

Pemberitahuan resmi BMKG mengenai Gempa yang mengguncang Pulau Jawa semalam. (Foto dokumen BMKG)
Pemberitahuan resmi BMKG mengenai Gempa yang mengguncang Pulau Jawa semalam. (Foto dokumen BMKG)

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

BMKG melalui akun resmi di twitter @infohumasBMLG, memperingatkan akan adanya potensi Tsunami dari gempa yang mengguncang Pulau Jawa Tersebut.

“Peringatan Dini Tsunami di JABAR, DIY, JATENG, Gempa Mag:7.3SR, 15-Dec-17 23:47:57 WIB, Lok: 8.03LS,108.04BT, Kdlmn:105Km:: BMKG.” demikian kicauan akun BMKG yang terpantau Redaksi.

Di Media sosial, netizen juga mengatakan bahwa Gempa juga dirasakan di beberapa daerah. Bahkan beberapa netizen Jakarta, Depok dan Tangerang mengungkapkan bahwa mereka sangat merasakan getaran dari gempa tersebut.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR