Gempa yang Mengguncang Sulawesi Tengah Berkekuatan 4,6 SR

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa yang mengguncang Sulawes Tengah tepatnya di Tompe Kabupaten Donggala pada Kamis, 1 Maret 201812.14 WIB, berkekuatan 4,6 Skala Richter (SR).

Gempa yang disebutkan situs BMKG, berlokasi di 0.25 Lintang Selatan (LS), dan 119.90 Bujur Timur (BT). Kedalaman gempa berada di 10 kilometer. Sementara titik gempa berada di darat 11 km arah Tenggara Tompe, Kabupaten Donggala. Juga dirasakan warga di lembah Palu.

Kepala BMG Kelas I Kota Palu Petrus Demon Silli membenarkan, bahwa di wilayah pantauannya telah diguncang gempa yang terjadi pukul 13. 14 WITA dan terasa di sejumlah wilayah Sulawesi Tengah.

“Kalau dilihat dari episentrum dan kedalaman sumber gempa penyembabnya  aktivitas sesar Tambu, “ ujar Petrus ketika dihubungi Kamis malam.

Petrus juga menyampaikan, bahwa getaran gempa tersebut dirasakan pada skala II SIG atau setara IV MMI di Tompe dan sekitarnya, Trobulu, dan Parigi di Kabupaten Parigi Moutong.

“Kalau getaran di Palu berkisar III MMI, “ lanjut Petrus.

Gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut, juga dirasakan warga di Kota Palu Mohammad “Acan” Hasan. Ia mengaku, tidak panik dengan kejadian gempa yang terjadi pada siang itu.

“Jika ada gempa kita tak perlu panik. Karena di sini sudah terbiasa terjadi gempa. Kalau dihadapi panik, terjadi sesuatu justru kita tidak bisa menyelamatkan diri, “ kata Acan.

Gempa Kamis itu, tampaknya tak hanya menguncang Tompe, Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan 5,7 SR pada pukul 08.35 WIB itu, juga terjadi di Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Informasi BMKG, lokasi gempa berada di titik koordinat 0.99 LU dan 98.70 BT.

Selanjutnya terjadi gempa susulan, terjadi pada pukul 10.17 WIB dengan berkekuatan 5,6 SR. Terjadi di lokasi 0.97 LU, dan 98,65 BT. Titik gempa berada di 82 km barat daya Padang Sidempuan. Dua gempa yang mengguncang wilayah tersebut, juga tak berpotensi tsunami menurut BMKG.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR