Gus Ipul Prioritas Pulau Madura dengan Anggaran Rp 1 Triliun

Bakal calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (istimewa)

Bakal calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul berjanji akan memberikan perhatian khusus untuk Pulau Madura. Namun hal ini terlaksana jika wakil gubernur Jawa Timur ini terpilih sebagai gubernur Jawa Timur periode 2018-2023.

Gus Ipul berjanji akan menggelontorkan dana pembangunan khusus untuk Pulau Madura sebesar Rp 1 triliun setiap tahun. Dana tersebut untuk pembangunan khusus Pulau Madura. Gus Ipul memberi nama “Satria Madura” atau Satu Triliun Setiap Tahun untuk Pulau Madura.

“Penyediaan anggaran Rp 1 triliun dengan harapan menjadikan Madura lebih maju dan berkualitas,” ujar Gus Ipul di sela tasyakuran rumah pemenangan di Jalan Gayungsari Surabaya pada Rabu 7 Februari 2018.

Satria Madura sendiri, menurut Gus Ipul, merupakan satu di antara program andalan dari 1 visi, 3 strategi, 9 agenda prioritas dan 33 janji kerja yang sudah disusun tim pemenangan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno ini. “Selain Satria Madura masih banyak lagi nanti yang lainnya,” tegas Gus Ipul.

Masih lanjut Gus Ipul, Pulau Madura menjadi incarannya karena bagian dari memaksimalkan pembangunan di pulau tersebut. Ia menilai, Madura masih lamban dalam pembangunan, meski saat ini sudah dibangun infrastruktur penghubung berupa Tol Suramadu. Apalagi Madura sudah masuk prioritas dalam rencana pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Salah satu kontrak politiknya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kata Gus Ipul, juga tentang pembangunan Madura. PKB memandang Madura selama ini sebagai daerah yang tertinggal dengan angka kemiskinan yang tinggi, meski pulau garam itu berlokasi tidak jauh dari Kota Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur.

“PKB minta rencana pembangunan Pulau Madura yang terintegrasi dengan tidak meninggalkan budaya lokal, kalau bisa perencanaan pembangunan melibatkan pakar-pakar yang handal,” ucapnya
(Kontributor : Moh Doffir)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR