Hampir Semua Venue Asian Games 2018 Siap Digunakan, Paling Lambat Rampung 20 Juli 2018

Wapres Jusuf Kalla didampingi oleh Menter PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan (29/6l meninjau kesiapan venue Asian Games 2018 (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018, meninjau kesiapan venue Asian Games 2018. Kedatangannya di dampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games 2018. Informasi tersebut disampaikan oleh Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR dalam rilisnya yang diterima oleh indekaberita.com hari ini (29/6/2018).

Dijelaskan, setelah kunjungan tersebut Wapres mengungkapkan, hampir semua venue sudah selesai dan siap digunakan pada Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018. Dan venue yang belum selesai, menurut Jusuf Kalla, ditargetkan rampung paling lambat 20 Juli 2018.

Jusuf Kalla menjelaskan, beberapa venue Asian Games 2018 yang ia tinjau adalah venue sepeda BMX di Rawamangun, Venue Stadion Utama GBK, Hoki dan Tenis di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan serta IT Center di Kantor Inasgoc. Setelah meninjau ketiga venue, Wapres langsung menggelar rapat di kantor Inasgoc.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, venue dapat diselesaikan sesuai skedul. Venue yang tadi kita lihat merupakan yang terbaik di dunia sebelum Olimpiade Tokyo. Saya melihat sendiri kompleks Olimpiade di London, kompleks olahraga di Senayan lebih baik. Venue dibangun dengan standar internasional termasuk yang di Palembang,” kata Wapres Jusuf Kalla

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, dan Ketua KONI Tono Suratman.

Wapres Jusuf Kalla menyapa Atlet Hoki yang sedang berlatih
Wapres Jusuf Kalla menyapa Atlet Hoki yang sedang berlatih

Sejumlah lokasi yang ditinjau Wapres di Jakarta antarnya Venue Sepeda BMX yang berada di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Sedangkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), lokasi yang ditinjau di antaranya venue hoki, venue tenis outdoor, serta IT Center di Kantor Inasgoc dan dilanjutkan rapat di kantor Inasgoc.

Pada kunjungan di Venue Balap Sepeda BMX, Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Basuki menyempatkan mencoba lintasan menggunakan sepeda BMX. Sementara saat di Venue Hoki dan Tenis, Wapres melihat para atlet yang tengah berlatih.

Selain venue, saat ini para atlet pelatnas Asian Games tengah melakukan latihan intensif dan uji coba baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan kemajuan persiapan tersebut, Indonesia akan mendulang prestasi sesuai target. “Sehingga target (sukses) pembangunan infrastruktur, (sukses) penyelenggaraan, dan (sukses) prestasi atlet _Insya Allah_ bisa tercapai dengan baik,” ujar Jusuf Kalla.

Menteri Pekerjaan Unum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadinuljono mengatakan, untuk venue di kawasan GBK sudah rampung seluruhnya, hanya menyisakan venue squash karena baru diputuskan untuk dibangun pada akhir Februari 2018. “Saat ini sudah 99 persen dan tanggal 12 Juli 2018 ditargetkan sudah rampung,”ungkapnya.

Adapun venue yang berada di Kompleks GBK Jakarta antara lain Stadion Utama, Training Facility, Stadion Akuatik, Lapangan Panahan, Lapangan Hoki, Lapangan Sepak Bola A/B/C, Istora, Stadion Tenis Inddoor, Stadion Tenis Outdoor, Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Baseball, Lapangan Basket A/B/C, serta Lapangan Rugby. Turut hadir mendampingi Menteri Basuki diantaranya, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo dan Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto. (*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR