Hindari Kejahatan, Kemendikbud Imbau Orang Tua Hati-hati Berbagi Foto Anak di Medsos

Terkait kebiasaan sebagian orang tua siswa yang sangat suka berbagi foto momen bahagia anak-anaknya di hari pertama sekolah lewat berbagai media sosial (medsos), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghimbau agar kebiasaan tersebut tidak dilakukan. Hal itu terutama untuk menghindari terjadinya risiko kejahatan yang mungkin menimpa anak-anak tersebut.

Sejumlah risiko tersebut antara lain kejahatan faedofilia (predator anak), perundungan (bullying), perampokan, penculikan, pencurian identitas, dan lain-lain.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk berbagi foto anak di medsos, Kemendikbud minta para orang tua untuk memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut:

1.Jangan memasang identitas lengkap anak seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon, dan lain-lain.
2.Pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saar memutuskan memasang foto anak.
3.Bila ingin berbagi, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya, tidak kepada publik luas. Setiap media sosial bisa mengatur jenis privasi dan peredaran foto.
4.Jangan memasang foto anak yang memungkinkan ia nebdapatkan pelecehan, penghinaan, dan perundungan.
5.Pikirkan dari sisi anak, apakah ia akan senang dengan foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih.
6.Jangan memasang foto anak lain tanpa seizing orang tuanya
7.Ajak keluarga dan teman untuk berhati-hati memasang foto anak.

Sungguh, ada banyak cara merayakan dan berbagi keseruan hari pertama sekolah.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR