Hutan Pinus Sigrowong, Destinasi Wisata Alam dan. Wisata Sejarah di Temanggung

Hutan Pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (foto Edy Santry)

Jika kita membayangkan hutan, maka akan terbayang dibenak kita adalah pohon-pohon besar dan  hal – hal yang menyeramkan. Namun tidak demikian jika kita masuk Hutan Pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Saat kita memasuki perbukitan yang ditumbuhi ribuan pohon pinus tersebut, akan terbesit kedamaian dan nuansa romantisme alam,apalagi tempat yang terletak sekitar 5 Km dari pusat Ibu Kota Kecamatan Kandangan ditunjang dengan udara yang sangat sejuk. Hal ini menambah siapapaun yang datang, ingin berlama-lama tinggal ditempat tersebut.

Pun saat kita memasuki Taman Gua Sigrowong, jalanan yang ditata dengan apik dan bersih serta menghubungkan antara gazebo satu dengan lainya, menambah suasana keindahan khas wisata alam. Hamparan kebun kopi di sela-sela pepohonan pinus ditempat ini juga berbeda dengan kebun kopi didaerah lain. Kebersihan dibawah pohon-pohon kopi di tempat ini sangat terjaga sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk bersantai sambil berselfie.

Nama Hutan Pinus Sigrowong atau Taman Gua Sigrowong sendiri tak lepas dari keberadaan sebuah lubang /gua yang berada di tengah hutan pinus tersebut. Menurut cerita, konon gua kecil berdiameter sekitar 80 cm dan berkedalaman sekitar 7 meter tersebut dulunya adalah persembunyian para Tentara Pelajar di Temanggung pada saat Belanda melakukan agresi dalam kurun waktu 1949-1950.

Hutan Pinus Sigrowo, juga digemari para off roaderHutan Pinus Sigrowo, digemari offroader

Potensi wisata selain adanya Gua Sigrowong, hutan pinus di tempat ini ternyata sudah terbiasa menjadi ajang para atlit offroad Nasional berlaga. Beberapa kali sudah dihelat event offroad berkelas nasional. Keadaan yang masih alami dengan lebatnya hutan menjadi sajian tersendiri dari para offroader saat melintas.

Selain  ada track untuk offroad terdapat pula camp area yang sangat aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadi camp area ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Gazebo-gazebo yang dipasang oleh pengelola diatas pohon-pohon pinus, memnambah daya tarik tersendiri buat siapapun yang datang untuk sekedar menatap keindahan hutan sambil mengabadikannya melalui foto-foto selfie.

Salah seorang pengelola Taman Gua Sigrowong ini ketika ditemui IndeksBerita.com menuturkan bahwa melihat antusiasme pengunjung maka pihaknya bekerjasama dengan Perhutani akan menambah vasilitas lain ditempat ini seperti wahana permainan dan ketangkasan serta Kolam Renang.

Hutan Pinus Sigrowong, wisata alam di TemanggungEkowisata Hutan Pinus Sigrowong

Mudahnya akses berupa jalanan aspal menuju tempat ini, menjadikan Hutan Pinus Sigrowong sebagai tempat favorit buat semua kalangan untuk bersantai dan berolah raga. Maka tak heran jika semakin hari tempat ini semakin dipadati pengunjung baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Bahkan informasi dari Pengelola, walau tempat wisata ini masih tergolong baru, namun pada saat-saat tertentu semisal hari libur, jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini mencapai puluhan ribu orang .

Selain menyajikan alam yang indah Taman Gua Sigrowong, hutan pinus Sigrowong ini juga terdapt desa ekowisata, yakni desa Gesing yang terkernal dengan produk Pisang Aroma khas Temanggung. Maka dari itu, para pengunjung yang datang ke tempat ini juga dapat membawa oleh-oleh Pisang Aroma Khas Temanggung yang sangat menggugah selera tersebut.

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR