Inagro, Wisata yang Mendidik Sekaligus Menghibur

Onny Untung, Konsultan dari PT. Intidaya Agrolestari , perusahaan yang kini mengambil alih pengelolaan Inagro, menjelaskan tentang Inagro pada wartawan (foto Budi ACE)

Tak jauh dari Ibukota Jakarta, sebuah perkebunan seluas 67 hektar, di wilayah Bogor, Jawa Barat, memiliki program wisata masa depan, yang terbuka untuk masyarakat umum, bernama Inagro. Dengan konsep wisata edukasi, Inagro menawarkan keasikan belajar sekaligus menikmati berbagai sumber daya alam.

“Kami memiliki sebuah program wisata edutainment, yang cocok buat pelajar, mahasiswa mauoun keluarga, untuk menikmati berbagai sumber daya alam sekaligus belajar tentang fenomenanya,” ungkap Onny Untung, Konsultan dari PT. Intidaya Agrolestari, perusahaan yang kini mengambil alih pengelolaan Inagro, yang terbengkalai selama belasan tahun.

Wisata edukasi nan menghibur tersebut, antara lain memamerkan berbagai tanaman unggulan seperti beragam jenis pisang yang ditanam dengan pola kultur jaringan. Bahkan, ribuan pohon Durian Bangkok, yang bisa langsung dipetik tanpa harus memanjatnya.

Untuk jenis hewan unggulan, masyarakat bisa melihat langsung bagaima Kerbau Belang asal Toraja, dikawin-silangkan secara alamiah dengan Kerbau lokal. Disamping itu ada juga penangkaran Burung Merak serta peternakan Ikan Lele Dumbo.

Penyilangan kerbau SulaweaiPersilangan kerbau Toraja dengan lokal

Perkebunan Inagro yang berlokasi di jalakn Raya Jampang, Desa Karikil KM 7 , Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tersebut, nampaknya berupaya bahwa konsep wisata masa depannya tersebut akan terwujud secara lengkap dalam waktu yang relatif  singkat.

Bayangkan saja, para wisatawan akan bisa melihat langsung ke dalam Laboratorium Kultur Jaringan. Disana sejumlah tanaman unggulan dibudidayakan, seperti Jati, Durian, Nanas Golden Honey, Talas Ketan, dan tentu saja beragam jenis pisang (Pisang Udang, Abaka, Raja Bulu, Cavendish, Mas, Apu, Uli, Kepok, dan sebagainya), juga berbagai jenis bunga. Pengunjung juga diperkenalkan pada sebuah pengembangan jamur Mycorhiza, melalui media batu ziolit.

“Dan salah satu koleksi terbaik kami adalah tanaman ‘Stevia’, yang daunnya mampu menghasilkan rasa manis alami 40 kali melebihi rasa manis dari gula tebu. Sekaligus, cocok buat oenderita diabetes,” terang Maria Imelda, Senior Researcher, ahli kultur jaringan asal LIPI, dihadapan puluhan wartawan yang mendapatkan kesempatan pertama mencoba wisata nan menghibur tersebut.

Budi Ace (indeksberita) kunjungi InagroBudi Ace (indeksberita) kunjungi Inagro

Sementara untuk pengembangbiakan sejumlah hewan-hewan unggulan, selain Kerbau, Ikan Lele Dumbo dan Burung Merak, juga terdapat Ikan Sidat, Gabus dan Black Ghost, Blue Peacock, King Fisher, Rusa Axis dan banyak lagi jenis hewan lainnya.

“Untuk jenis ikan hias Black Ghost, kami telah mengekspor jenis ikan ini keberbagai negara,” jelas Budi, penanggung-jawab pengembangbiakan seluruh jenis ikan.

Eduwisata dan Pusat Reasearch Inagro tersebut, juga dilengkapi dengan Bike and Jogging Track, Asrama Pelatihan, Lapangan Olahraga Outdoor, Penyewaan Sepeda dan Kuda, Kafetaria, Auditorium, Pendopo, Aula, Ruang Rapat, Tenda Pelatihan dan lainnya.

“Kami membuka perkebunan ini untuk masyarakat luas, baik pemerintah maupun swasta, perorangan maupun kelompok, karyawan, mahasiswa, pelajar maupun anak-anak untuk memanfaatkan seluas-luasnya area edukatif ini. Bahkan bagi universitas-universitas pun dipersilakan untuk melakukan joint research,”  pungkas konsultan Onny.

Akhirnya, masyarakat pun bisa mendapatkan fasilitas dari Perkebunan Inagro Training Centre, berdasarkan metode Outdoor Management Training (OTM) yang telah berpengalaman puluhan tahun, untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan pendekatan alam bebas serta Experiential Learning Methode seperti Military Team Building, Security Development Training, Fire Safety Manager Training, Defensive Safety Driving Training Anti Fraud Training, Siaga Tindak Kejahatan dan Bencana, Soft Skill Training, Edutainment Program, dan tentunya Adventure Program.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR