Indonesia Catat Lima Kemenangan di Babak 3 Catur Antarpelajar Asia

Aditya Taklukan Pecatur Kuat Filipina

Aditya Bagus Arfan saat berhadapan dengan Daniel Quizon dari Filipina pada Babak ke-3 Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia di Panjin, Liaoning, Tiongkok, Minggu 23 Juli 2017. (Foto: Kristianus Liem)

Para pecatur muda Indonesia masih berjaya dalam lanjutan pertandingan Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia di kota Panjin, propinsi Liaoning, Tiongkok. Pada Babak ke-3 yang berlangsung Minggu (23/7), lima pecatur Indonesia mampu memenangkan partainya. Hanya dua pemain yang kalah dan dua remis.

Kemenangan dicatat oleh Aditya Bagus Arfan, Catur Adi Sagita, Herfessa Shafira Dewi, Cecilia Natalie Liuviann, dan Nur Aini Rasyid. Sementara Muhammad Rizky Prima Nugraha dan Gilbert Elroy Tarigan, kalah.

Adapun, Aura Cahyani Alifan dan Samantha Edithso, bermain remis.

Raihan hasil itu menempatkan tiga pecatur Indonesia yang mencetak tiga angka bersih sehingga memimpin klasemen sementara. Mereka adalah Nur Aini Rasyid di KU-15 putri, Cecilia Natalie Liuviann di KU-13 putri, dan Aditya Bagus Arfan di KU-13 putra.

Yang paling spektakuler adalah hasil raihan Aditya Bagus Arfan yang turun di KU-13 putra. Hanya menempati unggulan sepuluh dengan rating 1596, Aditya mampu menumbangkan unggulan pertama Daniel Quizon (rating 2184) dari Filipina.

Sebagai catatan, Quizon ini adalah satu-satunya pecatur yang mampu menumbangkan sang juara Novendra Priasmoro pada Kejuaraan Asia Timur Laut Junior di Tagaytay, Filipina, Juni 2017 lalu.

Partai Aditya vs Quizon berlangsung seru hingga empat jam. Quizon unggul di pembukaan. “Saya pusing ditekan terus, jadi saya korbankan bidak di d3. Eh ternyata dia ga berani ambil,” cerita Adit penuh semangat.

Quizon balik tertekan setelah membuat kesalahan. “Begitu tertekan setiap dua langkah dia tawarin remis. Saya tolak terus, soalnya waktu posisi saya tertekan dan tawarkan remis dia tolak,” tambah Adit.

“Pada KU-13 putra persaingan memang ketat karena selain pesertanya banyak, 41 orang, kemampuan mereka cukup merata. Ada empat pelajar yg mencetak angka penuh, selain Adit ada tiga pecatur Tiongkok yang juga mencetak tiga,”┬ákata Kristianus Liem, Manajer Tim Catur Indonesia lewat telepon selular.

Selain Adit, ada tiga pecatur Tiongkok yang juga mencetak kemenangan beruntun, yaitu Wang Zideng (1755), Peng Shunkai (2175), dan Pan Yucheng.

Pada Babak ke-4 yang akan berlangsung Senin (24/7) hari ini, beberapa pecatur Indonesia akan berhadapan dengan lawan-lawan kuat. Gilbert Elroy Tarigan dengan 2 akan melawan Lun Yi (Tiongkok) yang punya rating 2380. Sedangkan Aditya Bagus Arfan akan melawan Peng Shunkai (Tiongkok) dan Muhammad Rizky Prima Nugraha berhadapan dengan Alisher Zhenisbekov (Kirgizstan).

Di bagian puteri, Cecilia Natalie Liuviann yang berhasil meraup 3 poin penuh dari tiga babak awal akan berhadapan dengan Ce Boheng dari Tiongkok. Dengan raihan poin yang sama, Nur Aini Rasyid melawan H.Y. Nevanjee Dimany Hewawasam dari Srilanka.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR