Indonesia Tambah 3 Medali Emas, 1 Perak, dan 2 Perunggu dari Catur Kilat Kejuaraan Antarpelajar Asia

Kabar gembira datang lagi dari Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia ke-13 di Kota Panjin, Provinsi Liaoning, Tiongkok! Prestasi hebat kembali dicatat tim Indonesia pada nomor Catur Kilat (Blitz) 9 Babak di hari terakhir kejuaraan, Sabtu (29/7). Enam pecatur Indonesia mampu menyumbangkan tambahan 3 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Tiga pecatur Indonesia merebut medali emas setelah berhasil juara secara bersih sendirian atas nama Catur Adi Sagita di KU-17 putra dengan 8 poin, Gilbert Elroy Tarigan di KU-16 putera (7,5 poin), dan Samantha Edithso di KU-17 putri yang fenomenal karena berhasil meraih angka sempurna 9 poin dari 9 babak!

“Samantha masih 9 tahun. Akurasi yang ditunjukkan Samantha menunjukkan dia memiliki bakat yang istimewa!

Sementara itu, medali perak bagi tim Indonesia disumbangkan oleh Aditya Bagus Arfan di KU-13 putra (7,5 poin). Sedangkan perunggu diraih Nur Aini Rasyid di KU-15 putri (6,5 poin) dan Shafira Devi Herfesa di KU-11 putri dengan 6,5 poin juga.

Dengan demikian, sembilan pecatur Indonesia yang dikirim oleh PB PERCASI ke kejuaraan itu secara keseluruhan berhasil mendulang 12 medali. Seluruh medali itu berasal dari seluruh nomor yang pertandingan yaitu Catur Cepat (rapid), Catur Klasik (standard), dan Catur Kilat (Blitz) dengan perincian 1 medali emas (rapid), 3 emas (klasik), 2 perunggu (klasik), 3 emas (kilat), 1 perak (kilat), dan 2 perunggu (kilat).

“Salut dan bangga untuk seluruh pemain. Perjuangan mereka patut kita apresiasi. Terlebih, lagu Indonesia Raya berkali-kali berkumandang di sini,” ujar Kristianus Liem.

“Lawan yang mereka hadapi juga merupakan para pecatur berbakat dari berbagai negara dan pasti akan terus berhadapan kembali dengan para pemain kita dalam kurun waktu puluhan tahun ke depan,” tambahnya.

Penutupan resmi kejuaraan berlangsung, Sabtu (29/7) pukul 16:30 waktu setempat. Kontingen Indonesia akan kembali ke Jakarta, Minggu (30/7) besok, dalam dua kloter penerbangan.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR