Jelang Idul Adha, Pemprov Kaltara Sumbang Hewan Qurban Untuk Lapas Tarakan dan Nunukan

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie serahkan Hewan qurban untuk Lapas Tarakan (foto Humas Pemprov Kaltara)

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menyumbangkan hewan qurban untuk Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) di Provinsi Kaltara. Hewan qurban berupa sapi itu disumbangkan ke Lapas Klas IIA Tarakan dan Lapas Klas IIB Nunukan, masing-masing sebanyak 1 ekor.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat melakukan penyerahan hewan qurban kepada Lapas Klas IIA Tarakan, Rabu (7/8/2019 ) siang. Selain kepada 2 Lapas tersebut, Pemprov Kaltara juga menyerahkan sejumlah hewan qurban kepada beberapa masjid dan lembaga di Kaltara.

“Di Tarakan ini, khusus sumbangan Pemprov Kaltara ada 4 sapi yang disumbangkan. Di antaranya, untuk Lapas Tarakan, Masjid Al-Ma’arif, Pesantren Hidayatullah Karungan dan lainnya. Selebihnya dibagikan ke setiap kabupaten yang ada di Kaltara,” tutur Irianto.

Terkait penyerahan hewan qurban di Lapas Klas IIA Tarakan, Gubernur berharap sumbangan ini dapat membuktikan kehadiran Pemprov Kaltara. Sekaligus sebagai salah satu upaya Pemprov Kaltara untuk mengajak warga binaan untuk dapat berbuat lebih baik dari sebelumnya. Dan, dapat diterima kehadirannya di tengah masyarakat dengan berbagai prestasi dan karya.

“Tadi, Plh Kalapas Klas IIA Tarakan, Khaeruddin menyampaikan harapan untuk perluasan rumah ibadah (masjid) yang sudah kelebihan jamaah. Soal ini, Pemprov Kaltara akan berupaya memberikan bantuan sesuai kewenangan dan kemampuan keuangan daerah,” urainya.

Selama kunjungan kerjanya di Tarakan, Gubernur Kaltara juga sempat terpantau menyantuni warga kurang mampu. Yakni, wanita berinisial HN, 34 tahun yang beralamat di Pasar Lingkas RT 24 RW 1 No. 60 Kelurahan Sebengkok Kecamatan Tarakan Tengah.

“Sebagai bukti simpati Pemprov Kaltara terhadap keberadaan warga kurang mampu, kami memberikan bantuan kursi roda kepada Bu Heni sekaligus menyantuninya. Beliau adalah janda dengan anak 1 yang tinggal menumpang dengan orang lain,” ucap Irianto.

Di wilayah tersebut, Gubernur bersama istri, Hj Rita Ratina dan putra bungsunya, Arkanata Akram juga berkeliling Pasar Lingkas. Gubernur juga sempat meninjau pembangunan septic tank komunal di RT 24 Sebengkok.

“Ini dibangun dengan APBN, dengan tujuan untuk meningkatkan sanitasi warga setempat. Di Sebengkok sendiri, ada 2 fasilitas sejenis yang dibangun,” ungkap Gubernur.

Dari Pasar Lingkas, Gubernur Kaltara dan rombongan melakukan salat Dzuhur berjamaah di Masjid Nurul Yaqin Sebengkok Waru, Tarakan. Disitu, Gubernur menyerahkan sumbangan hewan qurban berupa 1 ekor sapi kepada pengurus masjid. “Ini sumbangan kami sekeluarga secara pribadi,” jelas Irianto.

Selain itu, Irianto juga menyerahkan bantuan keuangan kepada pengurus KBBKT-KU Kota Tarakan untuk pembelian hewan qurban. “Atas nama pribadi, keluarga dan Pemprov Kaltara, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idu Adha 1440 H, mohon maaf lahir batin, dan semoga kita semua dapat dikumpulkan didalam surga Allah SWT kelak,” tutup Irianto.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR