Jelang Kedatangan Rombongan Raja Arab, Pemkot Bogor Bersolek

Raja Arab, Salaman Bin Abdul Azi Al-Saud

BOGOR – Sambut kedatangan Raja Arab, Salaman Bin Abdul Azi Al-Saud ke Istana Bogor pada Rabu (1/3/2017) mendatang, sebanyak 50 ribu pelajar sekolah dasar akan dikerahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Demikian dikatakan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

“Para pelajar se Kota Bogor nantinya akan dikerahkan untuk menyambut kedatangan Raja Salman ke Istana Bogor. Para pelajar nantinya akan melambaikan bendera sepanjang jalan yang dilalui dari Tol Jagorwai hingga istana,” kata Bima Arya kepada awak media, baru-baru ini di Taman Ekspresi, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Tidak hanya memobilisasi pelajar untuk memberi sambutan, Bima juga memastikan kelancaran arus lalu lintas dan PKL yang berjualan di pinggir jalan juga akan ditertibkan.

Seperti kunjungan Perdana Menteri Jepang, Sinzo Abe sebelumnya, dentuman meriam sebanyak 21 kali juga akan digelar sebagai upacara penyambut resmi tamu kenegaraan.

“Simulasi sudah dilaksanakan Sabtu kemarin, nanti dentuman meriam akan dibunyikan dari Gedung BKPP di Jl Juanda sebanyak 21 kali. Kedatangan Raja Arab ini merupakan momentum emas bagi warga Bogor untuk mengenalkan Kota Bogor kepada dunia,” imbuhnya.

Sejak Minggu (25/02/2017) lalu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor juga telah menertibkan puluhan spanduk dan banner serta tiang reklame yang habis masa izinnya. Kegiatan ini, dalam rangka persiapan menyambut rombongan tamu dari kerajaan Arab Saudi yang akan berkunjung ke Kota Bogor.

“Pembersihan sampah visual ini supaya Kota Bogor dari segi estetika agar terlihat lebih bersih, nyaman, dan indah,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Penagihan Bapenda Kota Bogor Hera Herianingsih.

Pada bagian lain, Kabag Ops Polresta Bogor Kota Komisaris Polisi Tri Suhartanto, saat dikonfirmasi mengatakan, tim gabungan yang terdiri TNI dan Polri akan mengerahkan 1.000 pasukan untuk mengamankan kedatangan Raja Arab Saudi ke Istana Bogor. Rute yang akan dilalui rombongan Raja Arab Saudi di Kota Bogor nantinya yakni melalui Tol Jagorwi -Terminal Baranangsiang-Jalan Pajajaran-Tugu Kujang-Jalan Otista-Jalan Ir Juanda.

“Pengamanan tersebut terdiri dari 2/3 kekuatan Polresta Bogor Kota, bantuan dari Polda Jawa Barat dan anggota TNI,” ucapnya.

Kedatangan Raja Arab ke Indonesia tergolong bersejarah, karena kedatangan pertama kalinya terjadi di tahun 1970, atau sudah 47 tahun yang lalu. Informasi yang dhimpun media online ini, Raja Arab Saudi di Istana Bogor juga akan melakukan penamaman pohon. Namun, lokasinya belum diperoleh kabar.

Setelah serangkaian acara di Istana Bogor, termasuk agenda makan malam, Raja Salman yang membawa rombongan 1500 orang akan kembali ke Jakarta untuk menginap. Selanjutnya, Raja Salman juga akan berkunjung ke gedung DPR-MPR dan Masjid Istiqlal, Jakarta. Dikabarkan Raja Arab Saudi tersebut juga bakal bertemu dengan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI). (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR