Jokowi di Cianjur Ungkapkan, Sebelumnya Konsesi Lahan Bukan Untuk Rakyat

Jokowi di Cianjur bersama masyarakat penerima SK Perhutanan Sosial

Presiden Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi menyerahkan surat keputusan pemanfaatan hutan sosial kepada masyarakat di Cianjur. Jokowi di Cianjur mengungkapkan, dulu konsesi lahan bukan untuk rakyat, tetapi diberikan kepada pemilik modal.

“Sekarang masyarakat yang mendapatkan SK bisa memanfaatkan lahan itu selama 35 tahun, dan status hukumnya jelas, “ kata Jokowi.

Penyerahan pemanfaatan hutan sosial ke kelompok masyarakat Cianjur ini berlangsung di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi Cianjur, Jawa Barat, Jumat (8/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga menjelaskan, target nasional pemanfaatan hutan sosial yang dikelola rakyat ada 12,7 juta hektare. Target itu sengaja dicanangkan pemerintah agar tanah yang ada itu bisa digunakan untuk rakyat banyak.

“Ini yang sudah kita berikan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, sudah 2,53 juta hektare. Target kita memang tidak kecil, 12,7 juta hektare. Terus akan kita berikan supaya tanah jelas kepada siapa diberikan. Tanah menjadi produktif. Tanah diberikan tidak kepada yang ‘gede-gede’,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengunjungi Cianjur ditemani Ibu Negara Iriana. Tiba di lokasi desa yang juga dikenal Wana Wisata Pokland. Jokowi disambut 8.900 kepala keluarga yang akan menerima konsesi lahan hutan sosial.

Terdapat 13.900 hektare lahan akan diberikan kepada 8.900 kepala keluarga tersebut. Satu kepala keluarga mendapatkan 1,5 hektare. Di depan warga ia mengingatkan, konsesi hanya untuk 35 tahun.

“Silakan mau tanam apa. 35 Tahun sudah lebih dari cukup,” kata Jokowi, yang juga berharap lahan bisa dimanfaatkan secara produktif oleh rakyat.

“Ini 35 tahun, saya ulangi, status hukumnya jelas. Tapi saya ingatkan, kalau sudah kita berikan seperti ini, jangan dipikir tidak saya cek. Setiap tahun akan saya cek ini digunakan atau tidak. Ditelantarkan atau tidak, produktif atau tidak,” kata Jokowi.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR