Jokowi Hadiri Pemusnahan Narkoba Sitaan BNN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Pemusnahan Barang Bukti Narkoba di Silang Merdeka Barat Daya Monas, Jakarta, Selasa (6/12). Ada pun narkoba yang dimusnahkan terdiri dari sabu 445 kg, ganja 422 kg, ekstasi 190.840 butir dan happy five 323.000 butir.

“Ini jumlah yang sangat besar sekali,” kata Presiden dalam sambutannya.

Menurut Presiden, sebanyak 15 ribu generasi muda meninggal setiap tahunnya karena narkoba. Presiden lantas bertanya jumlah pengedar dan bandar yang mati setiap tahun. “Ini pertanyaan kepada Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional). Tolong ini diberikan garis bawah,” ujarnya.

Presiden menegaskan, perang terhadap narkoba akan terus berlanjut. “Karena betul-betul kalau lihat barang seperti ini, kita harus nyatakan sekali lagi perang besar terhadap narkoba,” tegasnya.

Tema dari acara pemusnahan yaitu Wujud Nyata Kehadiran Negara dalam Menyelamatkan Generasi Bangsa dari Ancaman Penyalahgunaan dan Peredaraan Gelap Narkoba. Hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Wakapolri Komjen Sjafruddin, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono serta Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

Kepala BNN mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari penyitaan dua bulan terakhir. “Narkoba diperoleh dari beberapa kasus yang ditangani BNN, Polri dan Bea Cukai. Jumlah tersangka 29 orang. Hal ini bukti sinergi instansi terkait,” kata Budi.

“Dengan dimusnahkannya barang bukti ini, negara telah menyelamatkan kurang lebih 3 juta warga negara Indonesia.”

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR