Jokowi Umumkan 2 Warga Negara Indonesia Terjangkit Virus Corona

Presiden RI Joko Widodo dan Menkes Terawan Putranto di Istana Negara (2/3/2020) saat memberikan keterangan tentang adanya 2 warga negara indonesia terjangkit virus Corona

Presiden RI Joko Widoo mengungkapkan secara resmi bahwa untuk pertama kalinya warga negara Indonesia terjangkit virus Corona. Presiden menuturkan bahwa yang terjagkit  virus corona atau Covid-19 tersebut adalah seorang Ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

“Berhubungan dengan dua orang (terkena virus Corona), ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Cek tim kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” ungkap Presiden dalam Jumpa Pers di Istana, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut Presiden mengungkapkan  bahwa ibu dan anak tersebut,  terjangkit virus corona dari warga Jepang yang bepergian dari Malaysia. Dia diduga terjangkit corona di Malaysia sebelum menjangkiti ibu dan anak.

Jokowi memastikan bahwa kedua warga negara Indonesia yang terjangkit virus corona tersebut saat ini tengah menjalani observasi. Pernyataan Presiden tersebut dibenarkan Menteri Kesehatan RI Terawan Putranto. Dan Terawan menghimbau kepada masyarakat agar tak terlalu khawatir setelah dua WNI positif virus vorona tersebut.

Terawan mengimbau masyarakat yang sakit dengan gejala awal batuk, sesak napas dan, sejenisnya untuk aktif memeriksakan diri ke rumah sakit dan Puskesmas. Ia menegaskan agar masyarakat memperkuat daya tahan tubuhnya.

“Virus ini angka kematiannya dua persen atau di bawahnya. Jadi, penularannya tergantung imunitas tubuh. Makanya dari awal, saya imbau jaga imunitas tubuh,” ujar Terawan.

Terkait sikap menghadapi menjangkitnya virus corona, Jokowi menegaskan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia sudah sangat mengantisipasinya. Contohnya, ketika ada kasus di Wuhan, Wubei, Tiongkok, Pemerintah langsung mengevakuasi 238 WNI dengan prosedur protokol yang ketat ke Natuna selama 14 hari sebelum kembali ke tengah masyarakat.

“Kita juga evakuasi di kapal World Dream yang dekat Batam, Singapur yang berjumlah 188 dengan prosedur protokol kesehatan yang ketat kita bawa ke Pulau Sebaru, kita observasi dan kita cek setiap hari,” papar Jokowi

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR