Kepala BIN Ingatkan Potensi Ancaman di Pilkada

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan mengatakan bahwa pihaknya telah mengingatkan sejumlah daerah mengenai potensi ancaman pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Sebanyak 101 daerah akan menggelar Pilkada baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

“Potensi ancaman (Pilkada) sudah kami sampaikan kepada seluruh aparat di wilayah, sesuai dengan tugas masing-masing,” kata Budi Gunawan di kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Namun, Budi Gunawan enggan merinci bentuk kerawanan dalam proses politik tersebut.

“Kalau potensi kerawanan pilkada pasti ada. Tapi sesuai undang-undang memang ada beberapa hal yang tidak bisa kami sampaikan secara terbuka,” jelasnya.

Kendati demikian, ia yakin dengan disampaikannya informasi potensi ancaman sejak jauh hari, perangkat dan sejumlah personel keamanan di daerah kemudian segera mempersiapkan pengamanan di wilayah masing-masing.

“Tentu semua itu sudah diambil langkah deteksi maupun peringatan dini. Kemudian untuk langkah-pangkah pencegahan dini dan tindakan preventif oleh satuan-satuan di wilayah juga sudah dilakukan,” ujarnya.

Mantan Wakapolri ini juga mengatakan pihaknya telah tergabung dalam satgas pilkada, yang dibentuk untuk membantu kelancaraan pelaksanaan Pilkada nanti, khususnya pada aspek pengawasan.

“Koordinatornya tetap KPU dan Bawaslu dan di bidang penegakan hukum ada Gakumdu. Kami tentu dari aspek pengawasan,” ujar Budi.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR