Ketua DPR RI Pastikan RUU Terorisme Akan Segera Disahkan

Ketua DPR Bambang Soesatyo bersama wakil ketua Komisi I dan III DPR RI di Mapoltabes Surabaya (14/5) menjamin bahwa RUU Terorisme akan segera disahkan. (Dokumen)

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan RUU Terorisme akan segera disahkan. Bambang mengungkapkan pengesahan UU tersebut akan dilakukan pada sidang V DPR RI

“Kami di DPR RI menegaskan siap untuk ketok palu di bulan Mei ini. Tinggal pemerintah menyelesaikan masalah di internalnya agar satu suara dalam menyikapi revisi UU anti terorisme ini,” ujar Bamsoet dalam keterangan resminya di Mapolretabes, Senin, (14/5/2018)

Dalam kesempatan yang sama, Bamsot juga meminta kepada aparat untuk mampu bertindak tegas tanpa takut disebut melakukan pelanggaran HAM. Bamsot berharap,jika ada bukti yang cukup, maka pihak aparat hendaknya langsung melakukan penindakan dan tak perlu menunggu para teroris beraksi.

“Kepentingan bangsa dan negara harus didahulukan. Bila ada pilihan antara HAM atau menyelamatkan masyarakat, bangsa dan negara, dia akan memilih menyelamatan masyarakat, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya

Bamsot juga meminta Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk tegas dalam menindak pihak manapun yang terbukti dalam keterlibatanya atas pemyebaran konten radikal.

Pemerintah menurut Bamsos juga jangan takut untuk meminta provider maupun penyedia layanan platform digital menutup situs maupun konten yang bermuatan radikal.

“Jika provider maupun platform digital lambat menutup, kita bisa paksa. Ini untuk kepentingan bangsa dan negara,” tegas Bamsot.

Kedatangan Bamsot ke Mapolrestabes Surabaya tersebut didampingi Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha, Wakil ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaedi Mahesa. Tampak hadir pula sejumlah anggota Komisi III diantaranya Herman Hery, Arteria Dahlan dan Masinton Pasaribu ,Adies Kadir ,Wihadi dan Ahmad Sahroni.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta DPR segera mengesahkan RUU Terorisme menyusul ledakan bom di tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) pagi.

“UU Terorisme penting sebagai dasar kepolisian melakukan penindakan terhadap teroris karena pihak Kepolisian tahu ada sel-sel teroris namun tidak bisa menindak kalau mereka tidak melakukan aksi,” ujar Tito

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR