Khofifah Telah Mendapat Dukungan Parpol, Ziarah ke Makam Bung Karno

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansaa saat berziara ke makam Bung Karno di Blitar Jawa Timur (Samsul Hadi)

DPP PDI Perjuangan telah mengumumkan dukungannya kepada Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas, sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur, dalam Pilkada serentak tahun 2018. Pernyataan dukungan tersebut digelar di kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta, Ahad (15/10/2017). Pada hari yang sama, Khofifah telah mendapat dukungan parpol dan melakukan ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Informasi atas zarahnya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Khofifah), kami peroleh dari Staf Ahli Menteri, Ary Kusuma. “Ibu Mensos ziarah ke makam Bung Karno,” kata Ary.

Perlu diketahui, dalam momentum pilkada Jawa Timur 2018 mendatang merupakan pertarungan politik ketiga 2 tokoh Nahdlatul Ulama, Gus Ipul dengan Khofifah. Sebelumnya ke dua tokoh ini pernah bertarung di Pilkada Jawa Timur tahun 2008 dan 2013, dan Kofifah kalah. Hanya saja, saat itu Gus Ipul menjadi wakil Soekarwo, gubernur petahana.

Pada pilkada tahun depan ini Khofifah kembali maju. Dua partai yang sudah menyatakan mendukung menteri sosial tersebut, yakni Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Idrus Marham di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan Partai Golkar telah mengelurkan surat keputusan dan menyatakan mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur Jawa Timur untuk Pilgub 2018.

Sedangkan untuk posisi wakil gubernur Jatim, Golkar menyerahkan sepenuhnya hal itu ke ketua umum Muslimat NU tersebut.

Idrus mengungkapkan,  Khofifah diminta mengajukan tiga nama calon wakil gubernur untuk dipilih.

“Sesuai dengan aturan kita menugaskan kepada Khofifah untuk melakukan seleksi dengan mengajukan tiga nama. Nanti akan kita bicarakan dengan partai-partai pengusung,” ujar Idrus.

Meski demikian mekanisme yang dilakukan, Idrus tetap mengatakan, calon wakil gubernur juga harus punya elektabilitas dan track record yang bagus, sama halnya dengan Khofifah.

“Elektabilitas, aspirasi rakyat dan yang bersangkutan memiliki track record yang bagus diperhatikan,” kata Idrus.

Idrus juga mengungkapkan parpol lain yang sudah sepakat mendukung Khofifah selain NasDem yang sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Khofifah.

“Informasi yang sudah ada itu adalah dari Partai Nasdem, Hanura. Sedangkan informasi kemarin sedang intensif PPP dan dengan Demokrat, juga beberapa partai lain,”ucap Idrus.

(Kontributir Moh Doffir)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR