Kota Bogor Diguyur Hujan Deras, 4 Lokasi Longsor, 1 Tewas

Lokasi longsor yang mengakibatkan 1 orang tewas di RT 04/05 Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pasca hujan deras melanda. Longsor terjadi pada pukul 02.00 WIB, Rabu (7/9/2016) dinihari.

BOGOR – Azhari (50) asal Cirebon, tewas tertimbun material longsor pembangunan talud di RT 04/05 Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah setelah Kota Bogor dilanda hujan deras pada pukul 02.00 WIB, Rabu (7/9/2016) dinihari. Sementara, dua orang lainnya mengalami luka berat dan sudah dievakuasi oleh tim gabungan BPBD, Tagana, TNI dan Polri ke Rumah Sakit Bhayangkara. Ketiganya adalah pekerja proyek yang mengontrak rumah di kaki tebingan, tpi Sungai Cipakancilan.

“Korban tewas tertimbun longsor bersama dua pekerja lainnya. Dua pekerja lainnya Junaedi (40) dan Dion (22) selamat, dan hanya mengalami luka berat dan luka ringan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan Rabu (7/9/2016) siang.

Keterangan warga setempat Andri (35) kepada indeksberita.com, pekerja tersebut baru jelang sepekan mengerjakan talud. Namun, karena tidak kuat menahan beban air, bangunan yang belum selesai itu pun jebol.

“Tiga pekerja itu mengontrak rumah warga yang lokasinya tepat berada di kaki kemiringan tebingan. Diduga saat tidur, tiba-tiba terjadi tanah longsor. Karena, hujan reda sekitar pukul 22.30 WIB tadi malam,” kata Andri.

Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, pasca hujan berkepanjangan berakibat empat lokasi terkena dampak longsor. Lokasi pertama adalah di RT 03 RW 13, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat. Terjadi longsoran tebingan di lokasi pembangunan talud. Panjang longsoran kurang lebih mencapai 10 meter dengan ketinggian 3 meter. Akibatnya, tiga rumah warga dan saluran air terendam material longsor. Tidak ada korban jiwa di lokasi ini.

Selanjutnya, longsor terjadi di Gang Ardio, RT 01 RW 06, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Longsor di wilayah itu mencapai panjang 15 meter dengan ketinggian 25 meter. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun dua rumah warga terancam terkena dampak longsor.

Pada tempat berbeda, di RT 01 RW 02, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor juga terjadi longsor. Peristiwa tersebut mengakibatkan satu rumah warga terendam material longsor. Tidak ada korban jiwa.

Terakhir, longsor terparah di RT 04 RW 05, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor akibat intensitas hujan yang deras dan durasinya yang cukup lama menjadi pemicu erosi tanah. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR