KPK Dalami Sejumlah Nama Terkait Kasus Hambalang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami sejumlah nama terkait kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Salah satunya adalah politisi PDI Perjuangan Olly Dondokambey.

Terlebih, beberapa waktu silam‎ penyidik KPK telah memeriksa dan menyita furnitur mewah dari rumah mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu.

“‎Sama seperti perkara lainnya, ada sejumlah nama yang jadi concern tim KPK untuk didalami lebih lanjut,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (07/02/17).

“Termasuk dimana posisi yang bersangkutan di kasus ini, itu akan ditanyakan ke penyidik,” sambungnya.

Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng sebelum ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Guntur, Jakarta Selatan, Senin (06/02) sempat menyebut ada oknum yang sekarang menjabat gubernur turut menerima uang korupsi Hambalang.

Pernyataan Choel ini diduga merujuk pada nama mantan Wakil Ketua Banggar DPR Olly Dondokambey yang kini menjadi gubernur Sulawesi Utara.

Nama Olly yang juga Bendahara Umum PDIP itu mencuat dalam putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta terhadap terdakwa mantan Kepala Divisi Konstruksi I PT Adhi Karya Teuku Bagus Mokhamad Noor, terkait kasus Hambalang.

Dalam pertimbangan putusan dan barang bukti yang tercantum, majelis hakim menyebut adanya pembelian dan pemberian mebel atau furniture senilai sekitar Rp 2,5 miliar dari PT Adhi Karya untuk Olly Dondokambey selaku anggota Komisi XI dan wakil ketua Banggar DPR dari Fraksi PDIP 2009-2014.

Mebel itu diketahui telah disita KPK pada September 2013 dari rumah Olly Dondokambey yang beralamat di Jalan Reko bawah, Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.(*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR