KPN Semprotkan Disinfektan di Zona Merah Covid-19

Jakarta – Sejumlah organisasi Relawan Jokowi yang tergabung dalam Komite Penggerak Nawacita (KPN) melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan pemukiman Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (22/04/2020).

Aktivis KPN yang juga Ketua Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (Almisbat) Jakarta, Chaerudin Ambong, menjelaskan penyemprotan ini dilakukan sebagai bagian dari program Kampung Siaga Covid 19 yang digagas KPN di beberapa wilayah Jabodetabek.

“Saat ini sudah ada 25 kampung Siaga Covid 19 yang kami bentuk di Jabodetabek. Pembentukan kampung Siaga Covid 19 adalah upaya kami untuk melawan sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” ujarnya.

Ditambahkan Ambong, melalui program Kampung Siaga KPN ingin mendorong masyarakat membangun solidaritas dan gotong royong di sekitar tempat tinggal mereka untuk bersama- bersama secara mandiri menggalang kekuatan mebuat benteng pertahanan mengantisipasi penyebaran virus dan dampak ekonomi yang ditimbulkannya.

“KPN juga membentuk kantong- kantong lumbung pangan di kampung Siaga Covid 19. Lumbung pangan imenjadi tempat penampungan kebutuhan pangan yang nantinya akan didistribusikan kepada warga di kawasan kampung Siaga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi virus covid 19,” tambahya.

Terpisah, Chaerul selaku Ketua RT 009 RW 01, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, mengapresiasi aksi yang dilakukan KPN di wilayahnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh KPN adalah wujud tindakan kongkrit perang melawan Covid 19.

“Kami sangat menhargai dan berterima kasih kepada KPN yang telah menjadikan wilayah kami sebagai kampung Siaga Covid 19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di kawasan pemukiman kami,” kata Irul, sapaan akrabnya.

Selanjutnya Ia mengatakan, KPN serta pengurus RT lainnya terus melakukan sosialisasi kepada warga tentang protokol melawan pandemi Covid 19. Mulai bagaimana melakukan social distancing, mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker saat keluar rumah.

Selain penyemprotan disinfektan KPN juga membagikan hand sanitizer, masker, serta brosur yang berisi pengetahuan virus covid 19 kepada warga.

Berdasarkan aplikasi peduli lindungi Kelurahan Semper Barat adalah salah satu kawasan yang masuk dalam kategori zona merah. Zona merah adalah satu kawasan dimana terdapat warga di sekitar kawasan tersebut yang teridentifikasi positif virus covid 19

Untuk diketahui, selain Almisbat, organ relawan lainnya yang tergabung dalam KPN adalah Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT), Seknas Jokowi, Bara JP, MAPAN, RPJB, Blusukan Jokowi, Kornas Jokowi,

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR