KPU Nyatakan 12 Parpol Lolos Ke Tahap Verifikasi Faktual)

KPU memgumumkan 12 dari 14 Parpol lolos ke tahap verifikasi faktual. (Foto: Humas KPU)

Dari 14 Partai Politik kloter pertama yang masuk tahap penelitian administrasi, sebanyak 12 Parpol lolos ke tahap Verifikasi Faktual untuk mengikuti Pemilu 2019. Ketua KPU Arief Budiman mengungkapkan, berdasarkan hasil penelitian administrasi perbaikan Parpol calon peserta Pemilu 2019, sebanyak 12 parpol dinyatakan lolos dan dua (2) parpol tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap verifikasi faktual.

“Kami akan sampaikan hasil penelitian perbaikan administrasi. Berdasarkan hasil penelitian kita, akan ada 12 partai politik dilanjutkan pada verifikasi faktual,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017).

Arief mengungkapkan bahwa tahapan verifikasi faktual akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2017. Tahapan ini ,lanjut Arief, nantinya akan diakhiri pada penetapan parpol peserta Pemilu tanggal 17 Februari 2018.

Sementara itu, Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan ada dua jenis dokumen yang menjadi syarat sebuah partai lolos penelitian administrasi perbaikan, yakni dokumen yang diserahkan ke KPU Pusat dan KPU Daerah. Sementara itu partai yang dinyatakan tidak lolos karena terdapat kekurangan pada dokumen. Yaitu dokumen keanggotaan pada tingkat kecamatan.

“Dokumen administrasi tersebut meliputi kepengurusan, keterwakilan perempuan, kantor, rekening dan keanggotaan,” ungkap Hasyim.

Kedua belas Partai Politik yang dinyatakan lolos ke tahap verifikasi faktual kloter pertama adalah : Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI Perjuangan,Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Adapun 2 Parpol yang tidak lolos adalah Partai Garuda dan Partai Berkarya.

Sedangkan 9 Prapol kloter kedua adalah Partai Politik yang belakangan dinyatakan berhak melanjutkan proses pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu setelah adanya putusan sidang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Kesembilan Parpol tersebut adalah : PKPI Kubu Hendropriyono, Partai Idaman, Partai Bulan Bintang, Partai Bhineka Indonesia, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo dan PIKA.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR