KTT ke-16 ASEAN-India, Presiden Jokowi Berharap Perundingan RCEP Segera Selesai

Presiden Jokowi KTT ke-16 ASEAN-India. Dalam KTT tersebut Presiden Jokowi berharap penyelesaian perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) segera selesai. (Biro Pers Setpres)

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, diinformasikan bahwa Indonesia mendorong penyelesaian perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT ke-16 ASEAN-India yang berlangsung di Impact Exhibition and Convention Center  Minggu,Bangkok pada 3 November 2019.

“RCEP penting bagi ASEAN. Saya yakin RCEP juga penting bagi India dan merupakan salah satu manifestasi ‘Act East Policy’ India,” kata Presiden.

Presiden memahami bahwa tidak mudah melakukan negosiasi di antara 16 negara. Meski demikian, semua negara memiliki keinginan yang sama agar RCEP ini dapat segera diselesaikan dan dirasakan manfaanya oleh rakyat.

“Semua negara ingin memastikan bahwa RCEP akan membawa manfaat bagi rakyat kita,” ujarnya.

“Saya yakin RCEP akan membawa kerja sama yang saling menguntungkan bagi kita semua. RCEP harus kita pastikan menjadi suatu _win-win cooperation_. Oleh karena itu, saya mengharapkan agar India masih tetap akan bersama dengan kita di dalam RCEP demi keuntungan kita bersama,” imbuh Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR