Kurang Pegawai, Bagian Program dan Informasi Dinpar DIY Kewalahan

Pariwisata DIY

Suasana Kantor Subag Program dan Informasi Dinpar DIY (Foto: Arief Setya Negara / Indeks Berita)

JOGJA – Krisis kepegawaian saat ini dialami Sub Bagian Program dan Informasi Dinas Pariwisata DIY. Jumlah pegawai di Sub Bagian itu kini hanya empat orang, berkurang 50% dari jumlah pada Januari 2016. Penyebab masalah ini antara lain karena sebagian pensiun terhitung Februari 2016 hingga awal bulan Maret 2016 ini. Sementara, kepala Subag yang lama baru saja promosi menjadi Kepala Bagian Eselon III.

Menurut Staf Sub Bagian Program dan Informasi Dinas Kepariwisataan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Ignatius Riadi Raharjo atau Adi, akibat persoalan ini beberapa staf yang masih menjabat harus mengambil tanggung jawab lebih, demi mempertahankan fungsi organisasi yang telah berjalan. Dia mencontohkan, dirinya sekarang harus merangkap untuk mengurus bidang statistik, teknik informasi, dan monitoring evaluasi.

Adi menambahkan, penambahan staf baru akan dilakukan pada pertengahan Juni 2016. Jadi, beberapa staf yang masih menjabat harus bertahan selama setidaknya tiga bulan dalam mengambil tanggung jawab lebih.

“Delapan orang staf merupakan komposisi yang pas untuk bagian ini. Karena, beda dengan misalnya di Desperindag atau Dinas Kelautan, segala pertanggung jawaban Kepala Dinas itu yang mengeluarkan dari bidang teknisnya semua. Sedangkan di Dinas Pariwisata ya dari Subag Program, bukan dari bidang,” tambah Adi.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR