Langgar Hukum, LBH ALMISBAT Somasi PT Astra International

Surat Somasi LBH Almisbat kepada PT Astra International (Foto Rizal Ilyas)

Lembaga Bantuan Hukum Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (LBH ALMISBAT) layangkan somasi kepada PT Astra International (PT AI) terkait perkara Perselisihan Hubungan Industrial (PHI). Kuasa hukum LBH ALMISBAT, William Benyamin Robert, S.H, mengatakan PT AI melalui anak perusahaannya terindikasi melakukan pelanggaran hukum yang diatur dalam Pasal 59 ayat 7 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, kepada kliennya.

“Padahal klien kami telah bekerja selama 13 tahun mulai dari tahun 2002 sampai 2015 di perusahaan PT Serasi Auto Raya (TRAC) yang menjadi anak dari perusahaan PT. Astra Internasional TBK,” kata Benyamin kepada awak media di Jakarta, Rabu (21/2).

Benyamin menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum melihat ada itikad baik dari PT AI kepada kliennya kendati sebelumnya telah mengirimkan somasi kepada TRAC.

“Ini jelas mencoreng nama baik PT. Astra Internasional TBK yang telah banyak menerima penghargaan terbaik dari banyak pihak, salah satunya Best Company di Indonesia. jangan sampai melalui kasus ini malah membuktikan dan mengungkap keburukan dibalik kesuksesan PT. Astra Internasional TBK,” papar Benyamin.

Oleh karena itu, tegas Benyamin, pihaknya berharap perusahaan tersebut mempunyai itikad baik untuk menyelesaikan hak yang harusnya diterima oleh kliennya.

“Saya berharap perusahan menaati undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku. Jangan terlalu jauh dengan menempuh jalur hukum yang berlaku, baik pidana maupun perdata,” katanya.

“Dan apabila tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan yang merugikan pekerja, tidak menutup kemungkinan PT. Astra Internasional menjadi salah satu tergugat dalam gugatan yang akan kami lakukan dalam upaya membela pekerja yang menjadi klien kami,” tandas Aktivis HAM Indonesia ini.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR