Lembah Surodipo Destinasi Wisata Temanggung, Bernuansa Sejarah Nan Eksostik

Destinasi wisata Temanggung Curug Trocoh Lembah Surodipo, Ds Tawangsari Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung yang diapit Gunung Sumbing dan Sindoro serta Gunung Sumowono, Gunung Merapi dan Merbabu di depanya memang merupakan daerah yang dikenal dengan keindahan alamnya. Banyak destinasi wisata Temanggung yang masih belum dikenal oleh masyarakat luas di Kabupaten ini.

Salah satu dari tempat wisata yang sangat eksotik tersebut adalah Curug Trocoh di Lembah Surodipo. Lembah Surodipo dengan Curug Trocohnya menjadi istimewa pasalnya pada kurun waktu 1825-1830 para pengikut Pangeran Diponegoro yang dipimpin Ki Surodipo (Raden Joyo Sentiko) menyusun strategi perlawanan terhadap Kolonial Belanda. Tempat wisata Temanggung yang bernuansa sejarah ini, cocok menjadi tujuan wisata, karena memiliki kesan yang eksotis.

Letak Lembah Surodipo sendiri berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Tretep/Wonoboyo sekitar 28 km dari arah barat laut Kota Temanggung. Akses menuju Lembah Surodipo juga tergolong mudah karena jalanan sudah beraspal hingga kaki lembah atau di Petilasan Ki Surodipo.

Sedangkan untuk mencapai lokasi Air Terjun (Curug Trocoh), dengan membayar tiket Rp.5.000 para pengunjung dapat melewati jalan trasah dengan sepeda motor hingga ke tempat parkir yang berada sekitar 1,5 km dari lokasi Air Terjun.

Dari tempat parkir, para pengunjung dapat meneruskan perjalanan melalui jalan setapak yang menanjak. Namun buat para traveller, hal tersebut bukan halangan bahkan menjadi keasyikan sendiri, pasalnya mereka dapat melihat langsung keindahan Lembah yang berupa petak-petak ladang Tembakau yang dari jauh terlihat bagaikan ukiran nan indah.jalan setapak menuju Air Terjun Trocoh

Jalan setapak menuju Air Terjun Trocoh

Setelah melalui jalan menanjak sekitar 1 km, para pengunjung akan sampai di puncak lembah yang dikenal dengan puncak Gesing. Dari puncak ini kita benar-benar akan melihat panorama yang sangat indah berupa gugusan lembah di kiri kanan sekaligus dari tempat ini kita aka merasa betapa kecilnya kita diantara ciptaan Tuhan.

Melewati jalan setapak dari puncak Gesing sepanjang sekitar 500 meter,sampailah kita di lokasi Air Terjun ( Curug Trocoh) yang sangat indah tersebut.  Curug Trocoh memiliki keunggulan yang jarang dimiliki objek wisata air terjun lainnya, yaitu mempunyai lima terjunan bertingkat. Ketinggian curug, dari puncak ke dasar sekitar 120 meter. Jarak antara terjunan satu dan terjunan berikutnya rata-rata 20 meter. Selain itu, airnya bersih dan segar.

Di sekitar curug terdapat bebatuan alam yang digunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian yang terjal tersebut.

Petilasan Ki SurodipoPetilasan Ki Surodipo

Tak sedikit pengunjung yang sengaja datang untuk melakukan meditasi, guna meningkatkan kemampuan supranaturalnya. Tempat yang sering digunakan untuk meditasi adalah goa-goa disekitar Watu Godheg. Tak jauh dari air terjun.

Hampir semua orang yang pernah mengunjungi tempat wisata ini akan berkata bahwa panorama Lembah Surodipo apabila ditata dengan baik akan lebih menarik untuk dikunjungi. Menambah kelngkapan wahana, seperti pembuatan jembatan gantung, flying fox, dan material outbond, maka tempat bersejarah ini tidak akan kalah dengan destinasi wisata lain di dunia. Karena Lembah Surodipo bukan hanya indah namun juga megah.

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR