Lepas Jabatan Kapolri, Badrodin Haiti Klaim Berhasil Perbaiki Citra Polri

Masa pengabdian Jenderal (Purn) Badrodin Haiti selaku Kapolri akhirnya resmi berakhir. Badrodin resmi melepaskan jabatannya dan menyerahkannya kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/7/2016) kemarin.

Saat memberi sambutan pada acara pisah sambut Kapolri, di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kamis (14/7/2016), Badrodin menuturkan pengalamannya ketika baru menjabat sebagai pelaksana tugas Kapolri pada Januari 2015 sebelum akhirnya dilantik menjadi Kapolri April 2015. 

“Masih segar dalam ingatan kita pada suksesi Polri tahun lalu, khususnya sebelum dan sesudah saya dilantik sebagai pelaksana tugas Kapolri pada pertengahan Januari 2015,” kata Badrodin.

“Saya melihat Polri dalam kondisi sulit dan tidak menguntungkan dengan beban yang kompleks,” tambahnya.

Menurut Badrodin, saat itu kondisi dan citra Polri membuat masyarakat ragu sehungga tingkat kepercayaan publik terhadap Polri juga berkurang.

Namun, setelah satu tahun tiga bulan memimpin Polri, Badrodin mengaku cukup berhasil meningkatkan citra Polri sehingga mampu mengubah pandangan masyarakat.

Salah satu langkah yang ditempuhnya adalah dengan membenahi berbagai permasalahan di internal Polri dengan baik.

Modal terpenting melakukan pembenahan itu, menurut Badrodin, adalah komitmen anggota Polri untuk melakukan reformasi dan mengutamakan kepentingan organisasi.

“Kami harus fokus pelaksanaan tugas Polri, tidak boleh terganggu dengan permasalahan yang sebenarnya bisa kami hindari,” tuturnya.

Dengan kondisi organisasi Polri yang sekarang baik, Badrodin berharap Kapolri penggantinya dapat melanjutkan kestabilan organisasi baik di internal maupun dengan lingkungan eksternal Polri.

Badrodin mencatat, suksesi Kapolri yang jauh dari gaduh merupakan modal awal Tito untuk melakukan pembenahan Polri, sekarang dan di masa mendatang. 

Secara khusus dia mengungkapkan keyakinannya bahwa Tito Karnavian akan mampu membawa Polri menjadi lebih baik dan dipercaya masyarakat.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR