Mantan PM Malaysia Najib Razak Ditahan Lembaga Anti Korupsi Malaysia

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak

Dikabarkan mantan PM Malaysia Najib Razak ditahan Lembaga Anti Korupsi Malaysia – Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) pada hari Selasa (3/7/2018) di kediamanya Langgak Duta, Kuala Lumpur sekitar pukul 14:35 waktu setempat.

Salah satu pengacara keluarga Najib kepada Channel News Asia, Selasa (3/7/2018) membenarkan penangkapan tersebut. Pengacara yang tak mau disebutkan namanya tersebut juga mengungkapkan bahwa saat ini Najib telah ditahan MACC selama semalam guna menjalani proses dakwaan yang akan dimulai Rabu (4/7/2018).

“Beliau akan ditahan MACC malam ini dan akan mulai didakwa esok,” ujarnya.

Sementara itu dilansir dari The Star, MACC mengatakan Najib akan diadili di pengadilan kota Kuala Lumpur pada pukul 8.30 pagi waktu setempat. Namun MACC tidak menyebutkan dakwaan yang akan dijatuhkan kepada Najib.

“Gugus tugas Dewan Pembangunan 1Malaysia (1MDB) membenarkan penahanan terhadap Najib pada pukul 14.35 hari ini terkait penyelidikan SRC International Sdn Bhd. Beliau (Najib) dimulai dakwaan esok,” ujar MACC.

SRC Internasional adalah gugus tugas penyidik korupsi 1MDB dibentuk pada 21 Mei lalu setelah Mahathir Mohamad terpilih sebagai Perdana Menteri dan mengalahkan Najib lewat Pilihan Raya Umum-14 yang digelar pada 9 Mei 2018 lalu.

Pemerintah baru Malaysia pimpinan Perdana Menteri Mahatir Mohammad bertekad untuk mengembalikan dana miliaran dolar yang diduga dikorupsi dari yayasan dana pemerintah 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Dugaan penyalahgunaan dana sebesar US$4,5 miliar dolar dari badan yang dibentuk oleh mantan Perdana Menteri Najib Razak itu, sedang diselidiki oleh Departemen Kehakiman AS dan negara lain seperti Swiss dan Singapura.

Kepolisian Diraja Malaysia (PDRM) juga telah menggerebek sejumlah properti yang dikaitkan dengan Najib Razak. Dari penggerebekan itu, polisi menyita uang dan sejumlah barang mewah senilai jutaan dolar AS, yang diduga terkait skandal 1MDB tersebut.

Najib berkali-kali menyangkal bahwa dirinya terlibat dalan mega skandal 1MDB itu. Dalam wawancara dengan Reuters dua pekan lalu, Najib juga membantah bahwa barang-barang mewah yang saat ini disita Polis Diraja Malaysia tak ada sangkut pautnya dengan dana 1MDB itu.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR