Marthin Billa Serukan Masyarakat Dayak di Nunukan Turut Sukseskan Nawacita

Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Utara, Marthin Billa mengungkapkan bahwa keberadaan DAD salah satunya adalah sebagai mitra Pemerintah. Foto: Eddy Santry

Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Utara Marthin Billa mengungkapkan peran ormas disamping sebagai wadah untuk silaturahim,juga diharap mampu menjadi pengawal pemerintahan baik tingkat daerah maupun pemerintah pusat. Hal itu diutarakan Marthin diacara Pelantikan Dewan Adat Dayak Nunukan di Ballroom Laura Hotel, Jl. A Yani,Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (18/1/2018) malam.

“Kita harap Dewan Adat Dayak mampu menjadi mitra dan Pemerintah. Jika kebijakan-kebijakan pemerintah bermuara pada kesejahteraan rakyat,wajib kita dukung. Jika ada yang salah,kita kritisi dengan cara yang baik,” tutur Marthin.

Konsep Nawacita yang digagas Presiden Jokowi menurutnya adalah program yang tepat karena termasuk membangun dari pinggiran. Untuk itu kiprah masyarakat Dayak tentu sangat berperan dalam sukses atau kandasnya program Nawacita tersebut.

“Kita akan mengawal program-program Pemerintah yang pro rakyat termasuk bagaimana Nawacita bisa sukses,” imbuhnya.

Pelantikan Dewan Adat Dayak Kabupaten Nunukan di Laura Hotel ,Kamis (18/1/2018). Foto: Eddy Santry
Pelantikan Dewan Adat Dayak Kabupaten Nunukan di Laura Hotel ,Kamis (18/1/2018). Foto: Eddy Santry

Sebagai etnis yang mendiami wilayah Nunukan yang secara geografis berbatasan langsung dengan Malaysia, Marthin juga mengingatkan tentang pentingnya memupuk semangat cinta tanah air sehingga masyarakat Dayak di Nunukan akan mampu menjadi salah satu benteng kedaulatan NKRI.

Marthin juga mengungkapkan bahwa Dewan Adat Dayak Nunukan diharap akan mampu menjadi motor penggerak persatuan baik persatuan terhadap sesama suku Dayak dan juga persatuan secara nasional.

“Dengan terbentuknya dan dikukuhkanya Dewan Adat Dayak Nunukan,kita harap mampu menjadi motivasi persatuan. Ke dalam, kepada sesama masyaraka Dayak dan keluar kepada semua lapisan atau etnis lain yang ada di Nunukan ini. ,” pungkas Mantan Anggota DPD RI tersebut.

Pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak Nunukan berlangsung hikmad dan meriah. Disamping masyarakat Dayak dari etnis Agabag,Lundayeh,Tagol,Okolod dan Kenyah, hadir pula perwakilan etnis-etnis lain seperti Jawa, Bugis, Timor, Tidung, Makassar, Banjar serta etnis lainya yang ada di Nunukan.

Tampak hadir pula dalam acara tersebut,beberapa pejabat teras Kabupaten Nunukan diantaranya, Perwakilan Pemkab Nunukan, Ketua DPRD Nunukan dan sejumlah anggota DPRD, Dandim 0911/Nunukan, Perwakilan Kapolres Nunukan dan Lanal Nunukan. Dari jajaran ekonom dan pemuda, tampak Ketua serta Pengurus KNPI,Banser NU dan pengurus KADIN Nunukan dalam acara tersebut.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR